Anggota DPR RI Gelontorkan Bantuan Untuk Situ Sanghyang Tasikmalaya

Jum'at, 28 Agustus 2020 11:01 D. Farhan Kamil Daerah

Anggota DPR RI Gelontorkan Bantuan Untuk Situ Sanghyang Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Di tengah lesunya usaha pada sektor pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya akibat diterpa pandemi Covid-19 khususnya untuk objek wisata Situ Sanghyang Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, mendorong salah seorang anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, SE., MM melakukan peninjauan langsung ke lokasi, Kamis (27/8/2020).

Dengan memberikan sejumlah paket peralatan kebersiahan mulai dari sapu, cangkul, tempat sampah, mesin pemotong rumput elektrik, vakum peyedot, hingga gergaji mesin, politisi Partai Golkar ini mengajak kepada pengurus Objek Daerah Tempat Wisata (ODTW) Situ Sanghyang dan warga, untuk bersama-sama kembali membenahi, menata dan merawat Situ Sanghyang sebagai destinasi wisaata religi dan alam.

"Peralatan ini semua kami hibahkan kepada masyarakat di Desa Cibalanarik dan Desa Cilolohan Kecamatan Tanjungjaya, yang selama ini melakukan pemeliharaan lokasi Situ Sanghyang. Mudah-mudahan peralatan semua ini berguna untuk pembenahan dan penataan kembali lokasi wisata ketika memasuki New Normal," kata Ferdiansyah.

Menurutnya, sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19, menuntut para pengelola objek-objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya untuk dapat bangkit kembali melalui penataan yang intensif dengan menyesuaikan kondisi di masa pandemi yang belum selesai.

"Penyesuaian itu dapat dilakukan dengan pendekatan gerakan Bersih Indah Sehat dan Aman (BISA) di seluruh objek wisata. Dengan gerakan ini, kita bersihkan lokasi objek wsiata dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ke depan kami berharap bisa mendorong pengelolaan objek-objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya ini, dari sisi anggarannya," tutur dia.

 

Baca : Puluhan Hektar Sawah di Dua Desa Terancam Kekeringan dan Gagal Panen

 

Koropak.co.id - Anggota DPR RI Gelontorkan Bantuan Untuk Situ Sanghyang Tasikmalaya

 

Baca : DPR-RI Ajak Masyarakat Cintai Produk Indonesia, Tonton Film Karya Anak Bangsa

 

Sementara itu, seperti diakui oleh Kepala Desa Cibalanarik, Aip Rasyidi, disela-sela kegiatan Gerakan BISA di Objek Wisata Situ Sanghyang menuturkan, hampir empat bulan lebih sektor pariwisata Desa Cibalanarik lumpuh, akibat tidak ada kunjungan ke lokasi-lokasi wisata, seperti Situ Sanghyang ini. Sehingga membuat lokasi wisata ini terbengkalai dan tanpa perawatan.

Menurut dia, sejumlah fasilitas mulai ditumbuhi rumput ilalang, lumut dan terlihat kumuh. Bahkan bagian lokasi Situ (Danau) pun ditumbungi rumput ilalang hingga menjulang tinggi.

Meski memasuki era New Normal, namun belum berdampak terhadap jumlah pengunjung. Sekalipun ada wisatawan, rata-rata mereka mengeluhkan dengan masih belum tertatanya kembali lokasi wisata.

"Kita akui nilai jual Situ Sanghyang masih kurang. Apalagi ditambah dengan situasi Covid-19 kemarin, membuat kunjungan kian berkurang bahkan akhirnya ditutup sementara," ujarnya.

Hal itu terang dia, salah satunya karena sarana prasarana yang masih kurang mendukung. Selain akses jalan yang masih jelek, sejumlah fasilitas pun kini memerlukan perbaikan, penataan dan penambahan.*

 

Baca pula : H. Ferdiansyah Pandang Pentingnya Branding Daerah