Dulu Ingin Pisah, Timor Leste Menyesal, Kini Ingin Kembali Ke NKRI

Kamis, 03 September 2020 20:05 Eris Kuswara Nasional

Dulu Ingin Pisah, Timor Leste Menyesal, Kini Ingin Kembali Ke NKRI

 

 

Koropak.co.id - Beberapa waktu lalu, Timor Leste sempat menjadi trending topik di sosial media Twitter. Tercatat, topik Timor Leste telah dibahas sebanyak 2.876 kali oleh penguna Twitter. Diketahui, saat itu Timor Leste menilai bahwa Indonesia sebagai Negara penjajah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Kamis (3/8/2020) setelah melewati 21 tahun Timor Leste berdiri sendiri sebagai negara yang merdeka. Namun sayangnya Timor Leste bukan menjadi negara makmur tetapi malah menjadi negara termiskin didunia. Selain itu, meskipun sudah menjadi negara merdeka dan terlepas dari Indonesia, dunia juga baru mengakui Timor Leste sebagai negara setelah 3 tahun kemudian.

Dunia baru mengakui Timor Leste sebagai negara merdeka tepatnya pada tahun 2002 selepas referendum diadakan di wilayah yang dahulunya bernama Timor Timor tersebut. Sementara itu, banyak juga mengenai isu warga Timor Leste yang ingin bergabung kembali dengan Indonesia apabila mereka diberikan kesempatan kedua.

Sehingga hal itu pun menggemparkan banyak pihak dikarenakan warga Timor Leste pada akhir abad ke-20 lalu yang menginginkannya kemerdekaan sebagai sebuah negara. Namun, fakta yang diungkap oleh bank dunia ternyata menjadi alasan kuat bahwa warga Timor Leste banyak yang menginginkan kembali ke pelukan Ibu Pertiwi.

Tercatat, Bank Dunia melaporkan secara resmi pada tahun 2020 menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Timor Leste paling lambat apabila dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.* (Khairunisa)


Berita Terkait