Suara Kader PKB Kabupaten Tasikmalaya Tetap Utuh Untuk Haris Sanjaya

Sabtu, 05 September 2020 21:57 D. Farhan Kamil Pilkada

Suara Kader PKB Kabupaten Tasikmalaya Tetap Utuh Untuk Haris Sanjaya

 

Koropak.co.id - Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) mengusung pasangan non kader partai PKB yakni Iwan-Iip (Wani) pada Pilkada Desember 2020 nanti, dinilai tidak akan mengganggu kebulatan sikap politik dan dukungan para kader partai berlambang bola dunia dikelilingi sembilan bintang itu, terhadap Haris Sanjaya.

Pasalnya, Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya yang sukses meningkatkan raihan kursi parlemen pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, justru diusung sebagai calon wakil bupati secara resmi oleh partai Gerindra dan Demokrat berpasangan dengan Azies Rismaya Mahfud sebagai calon bupati.

Faktanya, menjelang daftar ke KPU, 36 Pengurus Anak Cabang (PAC) PKB Kabupaten Tasikmalaya beserta sejumlah simpatisan, mendeklarasikan dukungan kepada Haris Sanjaya yang dilaksanakan di depan kantor DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Jalan Raya Timur Singaparna, Cintaraja, Singaparna sekaligus menghantarkan Azhar ke KPU, Sabtu (5/8/2020).

"Memang betul SK DPP PKB turun ke Iwan-Iip. Itu mutlak kewenangan DPP. Saya sebagai kader PKB yang sudah dewasa, tentu saya sangat menghargai keputusan itu, walaupun dari sisi kemanusiaan tentu ada harapan besar bagi saya sebagai kader untuk mendapatkan SK tersebut," kata Haris seusai mendaftar ke KPU bersama Azies.

Soal gerbong PKB yang substantif, Haris menyebutkan, tentu itu alat ukurnya bukan sebuah surat keputusan, sehingga gerbong ini tidak semata-mata bisa digiring di tingkat basis melalui fakta administrasi.

 

Koropak.co.id - Suara Kader PKB Kabupaten Tasikmalaya Tetap Utuh Untuk Haris Sanjaya

 

Karena dijawab juga oleh fakta, bahwa dirinya selaku kader PKB menjadi sekretaris DPC dua periode dan Ketua DPC dua periode dan akan berakhir bulan April 2021 nanti, tentunya bangunan ikatan emosional para pejuang PKB sudah terbangun sejak lama dan sangat kuat.

"Saya berhusnudzon 80 persen kader PKB Kabupaten Tasikmalaya, baik di level DPC, PAC ditambah simpatisan, akan bersama Haris Sanjaya. Saya meyakini itu. Insyaallah kekuatan itu susah untuk digoyang hanya sekedar okeh keberpihakan politik sesaat dalam bentuk surat keputusan," kata Haris.

Saat ditanya apakah akan mengantarkan pasangan Wani mendaftar ke KPU dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPC PKB, Minggu (6/9/2020)? Haris menyebutkan sudah tidak lagi berkapasitas, karena ada kabar jika partai telah mengangkat Plt atau karteker atau apapun sebutannya, untuk menyelamatkan mekanisme pendaftaran pasangan yang diusung PKB ke KPU.

"Yang jelas saya tidak dalam kapasitas dan memiliki kewajiban mengantar pasangan Wani, karena sudah ada Plt sebagai pengganti saya yang sudah menjadi calon wakil bupati dari pasangan yang Gerindra dan Demokrat,"

Meskipun jabatan Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya sudah tergantikan oleh Plt atau karteker lanjut Haris, tidak berarti kekaderannya hilang begitu saja.

"Untuk mencopot kader itu ada mekanisme yang harus ditempuh di DPC sebagai bahan rekomendasi ke DPP melalui DPW. Karena kekaderan saya di PKB ini, diusulkan DPC," ujar Haris. *

 

Baca : PKB Kabupaten Tasikmalaya Minta Haris Sanjaya Tanggalkan Simbol PKB


Berita Terkait