PKB Kabupaten Tasikmalaya Minta Haris Sanjaya Tanggalkan Simbol PKB

Sabtu, 05 September 2020 23:13 D. Farhan Kamil Pilkada

PKB Kabupaten Tasikmalaya Minta Haris Sanjaya Tanggalkan Simbol PKB

 

Koropak.co.id - Sikap politik Haris Sanjaya mencalonkan diri sebagai kandidat bakal wakil bupati yang diusung Partai Gerindra dan Partai Demokrat dalam Pilkada serentak Desember 2020, ditanggapi serius pengurus DPW PKB Jawa Barat dan seluruh jajaran pengurus DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya.

Langkah yang dilakukan Haris Sanjaya beserta pendukungnya, dianggap telah menggores perasaan insan keluarga besar PKB dan mencederai partai terutama saat-saat terakhir menjelang pendaftaran ke KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Harian DPW PKB Provinsi Jawa Barat, H. Oleh Soleh menegaskan, sebagai fungsionaris PKB pihaknya sangat menyayangkan terhadap pola serta sikap yang dilakukan oleh kang Haris dan kawan-kawan.

Oleh menjelaskan, untuk diketahui bersama dan sebetulnya sudah terpublikasi secara luas, bahwa Kang Haris maju di Pilkada serentak 2020 Kabupaten Tasikmalaya ini, melalui Partai Gerindra dan Partai Demokrat dan bahkan sudah ber-KTA Partai Demokrat. Otomatis secara hierarki dan secara yuridis sudah tidak boleh lagi memakai atribut atau menggunakan simbol-simbol Partai Kebangkitan Bangsa.

"Oleh sebab itu, kami atas nama DPW PKB dan rekan-rekan atas nama DPC PKB, meminta dengan sangat agar Kang Haris dan pendukungnya segera menurunkan seluruh atribut atau simbol-simbol PKB baik yang ada di baligo, maupun alat peraga kampanye (APK) lainnya," tegas Oleh yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, di rumah Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jawa Barat, KH Acep Adang Ruhiat, Sabtu (4/9/2020).

Ia pun menegaskan, bahwa Kang Haris ini sudah tidak lagi menjabat Ketua DPC setelah dua hari yang lalu, terbit SK baru tentang Plt Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya yakni Muhammad Dawam dari DPW PKB termasuk SK untuk seluruh Ketua PAC.

"Kang Haris ini bukan lagi Ketua DPC. Status Kang Haris hari ini sudah tawaf wada dari PKB," ujarnya.

Lebih jauh Oleh menyebutkan, ada fatsun dan ada aturan partai bahwa keputusan DPP adalah hak yang harus dihormati, dijalankan dan disukseskan. Maka, apa yang dijalankan Kang Haris saat ini adalah sebuah pelanggaran berat terhadap aturan partai.

"Saya tegaskan sekali lagi, seluruh atribut dan simbol-simbol PKB yang masih melekat dengan Kang Haris, agar segera ditanggalkan. Mulai besok, semuanya harus diturunkan. Kita juga tidak mengijinkan Kang Haris menggunakan Kantor DPC PKB. Jika hal ini tidak diindahkan, maka kita akan lakukan somasi," tegas Oleh.

 

Koropak.co.id - PKB Kabupaten Tasikmalaya Minta Haris Sanjaya Tanggalkan Simbol PKB

 

Ditambahkan, kader partai itu adalah ketika hati dan pikiran serta jiwa, gerak dan gerik dirinya searah dengan PKB. "Jikalau hati, pikiran dan jiwanya sudah tidak lagi mencerminkan instruksi partai, maka dia sejatinya bukan kader lagi. Dia adalah oknum," tuturnya.

Oleh menyebutkan, Kang Haris yang juga guru serta mentor politik sekaligus sahabatnya, sejak lama telah ditawari untuk mencalonkan diri sebagai bupati/wakil bupati dari PKB. Bahkan tawaran itu disaksikan oleh anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Namun Kang Haris ini menolak alias tidak mau.

Tetapi di akhir-akhir menjelang turunnya keputusan partai, Kang Haris ini maju dan mencalonkan diri dari partai lain.

"Tanggal 22 Juni lalu, saya disaksikan anggota Fraksi PKB dan juga Sekretaris DPC PKB, Kang Jejeng, bertemu langsung dengan Kang Haris dan menanyakan kesiapannya, namun tetap Kang Haris ini mengatakan tidak mau," kata Oleh.

Sementara itu, Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jawa Barat, KH Acep Adang Ruhiyat mengatakan, keberadaan Haris Sanjaya di Kantor DPC PKB sebelum dan sesudah mendaftar ke KPU, adalah cara dia berpamitan dengan PKB.

"Jadi mungkin, keberangkatan pak Haris untuk mendaftar ke KPU dari kantor DPC PKB hanya untuk bernostalgia saja. Dan menikmati saat-saat terakhir dirinya disana, setelah kurang lebih 20 tahun di PKB dan kini pindah ke partai lain," ujarnya.*

 

Baca : Suara Kader PKB Kabupaten Tasikmalaya Tetap Utuh Untuk Haris Sanjaya


Berita Terkait