Ratusan Ormas Berikrar Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

Jum'at, 11 September 2020 22:43 D. Farhan Kamil Pilkada

Ratusan Ormas Berikrar Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Jelang Pilkada serentak Desember 2020 Tasikmalaya, 100 Organisasi Masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya, berikrar untuk menjaga tahapan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya berjalan damai, aman, tertib dan sehat dengan menerapakan protokol Kesehatan antisipasi penyebaran virus corona.

Ikrar yang dikemas dalam bentuk deklarasi, dirangkaikan dengan seminar kebangsaan yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen.

Seminar tersebut menghadirkan sejumlah nara sumber dari Kepolisian, TNI, KPU, Bawaslu dan Kejaksaan serta Kesbang Pol Kabupaten Tasikmalaya. Bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya Jumat (11/9/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Zen mengatakan, ormas merupakan mitra pemerintah yang potensial dalam membangun Kabupaten Tasikmalaya termasuk menyukseskan Pilkada Tasikmalaya 2020 tanpa ekses.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan deklarasi ini sebagai sarana aktualisasi diri peran serta ormas untuk Pilkada yang aman, damai, tertib dan sukses memedomani protokol kesehatan Covid-19," tutur Zen.

 

Baca : KPU Kabupaten Tasikmalaya Meminta Tanggapan Masyarakat

 

Kepala Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Asep Gunadi mengatakan, acara seminar kebangsaan dan deklarasi bersama ormas ini terselenggara atas inisiasi pemerintah daerah dalam hal ini Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya.

"Acara ini dilaksanakan sebagai bagian sinergitas yang kita miliki dengan ormas untuk mengawal Pilkada serentak dan protokol kesehatan. Ada 100 ormas yang kita undang. Sengaja kita batasi karena sesuai protokol kesehatan," kata Asep.

Alasan dilibatkannya ormas dalam kegiatan tersebut terang dia, selain karena komunikasi yang sudah terbangun, ormas ini memiliki fungsi strategis sebagai sarana partisipasi masyarakat untuk memelihara, menjaga dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ormas juga sebagai sarana pemelihara dan pelestari norma, nilai dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Korelasinya adalah, ormas sangat berpotensi untuk ikut mewujudkan Pilkada berkualitas, aman, damai serta sehat. Maka peran serta ormas bisa membantu mewujudkannya," ujarnya.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam menilai bahwa deklarasi ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam mengadakan Pilkada yang seusai dengan harapan masyarakat, yakni kondusif, aman, tentram dan sehat.

"Ditengah Covid-19 ini, ungkap Atam, mari mengikuti protokol kesehatan agar Pilkada ini berjalan sehat. Jaga kondusifitas dan jangan menimbulkan permusuhan gara-gara beda pilihan dalam Pilkada nanti. Siapapun pemimpin yang terpilih nanti, adalah pilihan rakyat Kabupaten Tasikmalaya," tegasnya.*

 

Baca : Cabup Cawabup Tasikmalaya Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSHS Bandung

 


Berita Terkait