Berangkat Dari Seni, Jajaki Berbagai Organisasi Hingga Advokasi

Senin, 14 September 2020 16:46 Dede Hadiyana Daerah

Berangkat Dari Seni, Jajaki Berbagai Organisasi Hingga Advokasi

 

Koropak.co.id - Sebagai putera daerah kelahiran 12 Maret 1963, Yaman Suryaman, SH., MH, yang juga sebagai pelaku seni Tasikmalaya, ikut meramaikan kompetisi sebagai calon Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) Periode 2020-2025 pada 3 Oktober 2020 mendatang.

Berkecimpung di dunia musik, baginya bukanlah hal baru. Sejak kelas 1 SMP Pasundan Kota Tasikmalaya, ia sudah bergelut dengan musik bersama Hansorpas Band pada tahun 1977.

Setahun kemudian, ia bergabung dengan Vokal Group Jesis yang saat itu dimentori oleh Denny Hatami PAHAMA dan almarhum Iwan Hanjuang hingga tahun 1979.

Pria yang juga memiliki hobi bermain sepakbola ini sempat bergabung bersama Almarhum Yuri dan Iwan Lengkong hingga bermain Band dengan BNI 1946 di tahun 1980-1984.

Ada masa kejayaan yang pernah ia alami, saat dirinya meraih juara di kejuaraan Country se-Jawa Bali pada tahun 1981 bersama-bersama Dama Gaok, Dudang, Heri, Almarhum Acah, Iwan Violin, dan Dedi Dakocan yang sekarang menjadi Ketua Pelaksana Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia (HAPMI) Jawa Barat.

 

Baca : Lima Calon Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Sampaikan Visi Misi

 

Dalam menempuh karir di dunia seni musik, dengan Muldan, Dudang, Ade, dan Unang Liong bergabung dengan grup Sphinx Band, yang sempat ikut berbagai parade musik seperti Parade di Kuningan dan Jambore Rock di Tasikmalaya pada tahun 1985 hingga 1990.

Masa keemasan bermain musik seorang Yaman Suryaman ini, tercatat hingga tahun 1990. Karena dua tahun kemudian dirinya mengikuti praktek sebagai pengacara di wilayah hukum pengadilan tinggi Jawa Barat dan lulus pada tahun 1993.

Tepat di tahun 1994, lelaki yang juga hobi bermain bulu tangkis ini hijrah ke Ibukota Jakarta dan bekerja di bidang perbankan.

Selama masa itu, dirinya diangkat dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Serikat Pekerja di BBI Pusat pada tahun 1998.

 

Koropak.co.id - Berangkat Dari Seni, Jajaki Berbagai Organisasi Hingga Advokasi

 

Baca : Kontes Gagasan Calon Ketua Dewan Kesenian Nyaris Kalahkan Pamor Pilkada

 

Tahun 2003 dirinya hijrah kembali ke Bandung sebagai Kanwil Rekaperi dan akhirnya kembali ke kampung halaman Kota Tasikmalaya tahun 2014.

Saat menetap di Kota Kembang, jabatan sebagai pengurus Serikat Pekerja di BBI Bandung, tetap ia jalani hingga tahun 2009. Dan saat tinggal di Kota Tasikmalaya, ia diangkat sebagai anggota kehormatan Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Cabang Tasikmalaya.

Sejak tahun 2017 hingga saat ini, pria berusia 57 itu mengajar sebagai dosen di Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis.

Di tahun 2018, ia pun menjabat sebagai Ketua Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia (HAPMI) Cabang Tasikmalaya.

Di tahun yang sama, dirinya pun diangkat sebagai Direktur Prodi Pelaksanaan Keahlian Profesi Hukum (PKPH) IKADIN Tasikmalaya yang sudah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Hukum Galunggung (STHG) Kota Tasikmalaya sejak 2017.*

 

Baca : Yaman: Kekompakan Menjadi Modal Awal Untuk Kemajuan Bersama

 


Berita Terkait