Melalui Virtual Pemkot Tasikmalaya Jalin Mou Dengan Pemkab Blitar

Selasa, 15 September 2020 13:25 Eris Kuswara Daerah

Melalui Virtual Pemkot Tasikmalaya Jalin Mou Dengan Pemkab Blitar

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman, menandatangani draft Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar, tentang Penyediaan Kebutuhan Bahan Pangan yang dilaksanakan secara virtual di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cabang Tasikmalaya, Senin (14/9/2020).

Walikota Tasikmalaya menyebutkan, kesepakatan antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Pemerintah Kabupaten Blitar merupakan salah satu usaha untuk menjalin kerjasama dan sinergitas dalam rangka penyediaan dan menjaga ketersediaan bahan pangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pemenuhan kebutuhan pangan ini sendiri meliputi di bidang peternakan, pertanian dan perkebunan, perikanan dan perdagangan. Selain bawang merah, komoditas telur ayam ras juga merupakan komoditas penyumbang utama inflasi di Kota Tasikmalaya yang sering memicu terjadinya inflasi," kata Walikota.

Hal itu terang dia, dikarenakan kemampuan produsen telur ayam ras di Kota Tasikmalaya hanya mampu memenuhi sekitar 30 persen dari kebutuhan masyarakat Kota Tasikmalaya saat ini. Sehingga menimbulkan ketidakseimbangan antara supply dan demand.

"Sementara itu, untuk menutupi kekurangan yang terjadi yakni sebanyak 70 persen, selama ini dipasok oleh produsen dari luar kota. Dan Kabupaten Blitar merupakan pemasok terbesar untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, kita perlu melaksanakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar tentang penyediaan kebutuhan bahan pangan ini," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Melalui Virtual Pemkot Tasikmalaya Jalin Mou Dengan Pemkab Blitar

 

Baca : Telur Infertil Beredar di Kota Tasikmalaya, Tim Satgas Pangan Lakukan Sidak

Baca : Telur Infertil, Telur Gagal Tetas Dijual Murah Namun Berbahaya Bila Dimakan


Selain itu, kesepakatan bersama itu juga nantinya akan menjadi payung hukum untuk dilaksanakannya perjanjian kerjasama Government to Government (G to G) dan Bussiness to Bussiness (B to B).

Karena, selama ini perjanjian kerjasama B to B telah berlangsung antara CV. Arfan Agro Perkasa dari Kota Tasikmalaya dengan Koperasi Peternak Unggas Sejahtera Blitar.

"Rata-rata penyerapan telur setiap bulannya mencapai 100 ton untuk wilayah Priangan Timur. Sehingga dengan adanya penandatanganan draft kesepakatan ini, dapat memberikan hasil yang baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Tasikmalaya,” ujarnya.*

 

Baca : Perkumpulan Pasar Rakyat Tuntut Perhatian Pemkot Tasikmalaya

 


Berita Terkait