Dewan Laksanakan Monitoring Ke UPTD Dinas Perhubungan Provinsi Jabar

Sabtu, 05 September 2020 15:11 Dede Hadiyana Parlemen

Dewan Laksanakan Monitoring Ke UPTD Dinas Perhubungan Provinsi Jabar


Koropak.co.id - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan monitoring kegiatan Tahun Anggaran 2019 serta melihat progres pelaksanaan kegiatan Tahun Anggaran 2020 yang berlangsung di UPTD Pengelolaan Prasaran Perhubungan LLAJ Wilayah II, Kabupaten Bandung, Jumat (4/9/2020).

Pada dasarnya, pelayanan di terminal memiliki arti penting karena mampu mempermudah dalam menggunakan kendaraan umum sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang kerap menimbulkan kemacetan.

Menyikapi hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady meminta agar terminal Tipe B yang ada di Jawa Barat sebagai sarana mobilisasi masyarakat harus lebih optimal.

"Karena melalui terminal orang datang dan pergi dari atau keluar tempat tinggalnya untuk mencari nafkah. Kami ingin semua terminal Tipe B di Jawa Barat ini tertata dengan baik," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Dewan Laksanakan Monitoring Ke UPTD Dinas Perhubungan Provinsi Jabar

 

Baca : Badan Anggaran DPRD Jabar Salurkan Penyertaan Modal Bagi Dua BUMD

 

Menurutnya, terminal Tipe B tersebut berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota atau angkutan perdesaan. Di Jawa Barat sendiri terdapat 14 terminal Tipe B yang sudah diamanatkan di dalam Perda RTRW yang semestinya digarap secara maksimal oleh dinas terkait.

"Jika dilihat dari sisi infrastruktur bangunan, salah satu UPTD milik Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat ini masih relatif layak. Dengan luas lahan lebih dari 2 hektar, cukup representatif dibandingkan dengan UPTD lain," katanya.

Akan tetapi, lanjut Daddy, jika dilihat dari segi penganggaran masih relatif kurang, terutama pengadaan untuk Penerangan Jalan Umum (PJU).

"Sekarang ini, realisasinya belum mancapai 30 persen dari total keseluruhan sehingga masih banyak akses jalan provinsi yang masih belum terfasilitasi PJU," ucap Daddy.*

 

Baca pula : Komisi V Apresiasi SMK AL Falah Dengan Mengurangi Jam Pelajaran


Berita Terkait