Seragam Baru, Bisa Jalin Kedekatan Emosi Antara Polri dan Satpam

Rabu, 16 September 2020 13:12 Eris Kuswara Nasional

Seragam Baru, Bisa Jalin Kedekatan Emosi Antara Polri dan Satpam

 

Koropak.co.id - Kabar mengembirakan bagi para satpam, karena kini seragam satpam mengalami perubahan. Bahkan perubahan seragam satpam tersebut mirip dengan seragam polisi.

Tercatat, perubahan warna seragam satpam ini diputuskan berdasarkan peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan Swakarsa. Tampak, warna seragam baru dari satpam itu kini berwarna cokelat muda untuk atasan dan warna cokelat tua untuk bawahannya yang turut dipakai kepolisian.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, warna cokelat merupakan warna yang netral, sehingga warna tersebut melambangkan kesahajaan pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman, nyaman serta rasa percaya keanggunan, ketabahan dan kejujuran.

"Ada lima jenis seragam dinas anggota satpam yang disertai dengan pangkatnya, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Khusus, Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL 1), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL)," kata Awi.

 

Baca :  Satpam, Mitra Polri Dalam Pemeliharaan Keamanan Lingkungan

 

Ditambahkan Awi, selain itu, dengan kesamaan warna seragam antara satpam dan polisi, maka diharapkan dapat terjalinnya kedekatan emosional antara kedua belah pihak. Bahkan diharapkan pula dapat menumbuhkan rasa bangga sekaligus sebagai bentuk pemulihan profesi untuk satpam.

"Filosofi kemiripan seragam satpam dengan polri ini diharapkan bisa terjalinnya kedekatan emosional antara polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, memulihkan profesi satpam serta menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.* (Resna)

 

Baca : Kesultanan Selaco Segera Serahkan Sisa Seragam Militer