Bupati Ciamis Ikuti Rapat Virtual Covid-19 Dengan Menko Kemaritiman

Kamis, 17 September 2020 22:06 Didit Fauzi Daerah

Bupati Ciamis Ikuti Rapat Virtual Covid-19 Dengan Menko Kemaritiman

 

Koropak.co.id - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati, mengikuti rapat bersama Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, melalui video conference, terkait pandemi Covid-19, Kamis (17/9/2020).

Luhut mengatakan, data kasus harian di empat provinsi yang mengalami trend peningkatan kasus positif Covid-19 adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Sementra untuk Bali dan Kalimantan Selatan, memiliki trend menurun, sedangkan Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara, memiliki trend penambahan kasus Covid-19 harian yang plat.

"Untuk mortality rate secara nasional mencapai 3.97%. Jatim 7,3% dan Jateng 8.1% adalah dua provinsi yang memiliki angka mortality rate jauh di atas rata - rata nasional," kata Luhut.

Ia mengintruksikan kepada setiap kepala daerah untuk benar- benar sigap dalam menangani permaslahan ini, terutama yang mortality (kematian) rate-nya tinggi.

"Beberapa upaya yang dapat dilakukan di antaranya melakukan penyemprotan desinpektan, menutup tempat hiburan, mengkarantina orang-orang yang terduga terinfeksi virus corona, menambah ruang isolasi serta maksimalkan tenaga tenaga medis yang benar-benar ahli," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Bupati Ciamis Ikuti Rapat Virtual Covid-19 Dengan Menko Kemaritiman

 

Baca : Kasus Covid-19 Kabupaten Ciamis Alami Trend Meningkat

 

Sementara itu Ketua BNPB Doni Monardo mengatakan pihaknya telah melakukan upaya-upaya untuk peningkatan recovery rate dan menurunkan mortality rate.

"Kami telah bekerjasama dengan TNI dan SATGAS untuk menangulangi hal tersebut. Di antaranya untuk DKI Jakarta dengan melakukan uji coba di lima kelurahan, dengan merekrut seratus orang tokoh masyarakat menjadi bagian dalam menyosialisasikan tentang protokol kesehatan kepada masyarakat," ungkap Doni.

Selain itu, Doni juga mengimbau agar masing-masing pemerintah daerah menyusun organisasi satgas sampai tingkat RT dan RW.*

 

Baca : Pemkab Ciamis Hadapi Pemeriksaan BPK RI Terkait Anggaran Covid-19


Berita Terkait