DPRD Jabar Prihatin Kondisi Bendungan Irigasi Waru di Kabupaten Karawang

Jum'at, 18 September 2020 21:45 Dede Hadiyana Parlemen

DPRD Jabar Prihatin Kondisi Bendungan Irigasi Waru di Kabupaten Karawang

 

Koropak.co.id - Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau langsung daerah irigasi Bendungan Waru, Kabupaten Karawang, Kamis (17/9/2020). Peninjauan tersebut dalam rangka monitoring kegiatan Tahun Anggaran 2020.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Achdar Sudrajat mengatakan, Bendungan Waru ini sangat strategis dan mampu mengairi sekitar 5.000 hektare area sawah.

"Saat ini bendungan itu hanya mampu mengairi area persawahan sekitar 2.000 hektare saja, sisanya atau seluas 3.000 hektare, perlu diairi. Permasalahan ini tentunya menjadi pekerjaan rumah pemerintah," kata Achdar, sesuai meninjau kondisi bendungan.

Pihaknya, mendorong Pemerintah Provinsi untuk segera merenovasi bendungan tersebut, agar dapat digunakan masyarakat secara optimal.

 

Koropak.co.id - DPRD Jabar Prihatin Kondisi Bendungan Irigasi Waru di Kabupaten Karawang

 

Baca : DPRD dan Pemprov Sepakati RKUA-PPAS Provinsi Jawa Barat TA 2021

 

Menurut Achdar, pihaknya prihatin melihat kondisi bendungan dan irigasi Waru yang kini dipenuhi terdapat sejumlah retakan pada beton bendungan. Padahal, umur bendungan tersebut belum mencapai usia sepuluh tahun.

"Kami dari Komisi IV mendesak kepada pemerintah, untuk segera melakukan renovasi, terutama pada dinding beton bendungan yang retak. Jangan sampai kemudian terjad musibah longsor," kata Achdar.

Selain direnovasi, diharapkan ada peningkatan daya tampung air dengan cara perluasan areal penampungan, sehingga nantinya dapat menjangkau areal persawahan masyarakat lebih luas lagi.

"Kelancaran pasokan air untuk lahan pertanian, tentunya akan sangat berdampak terhadap peningkatan ekonomi para petani di Kabupaten Karawang. Masyarakat dipastikan akan bisa bercocok tanam tiga kali dalam satu tahun, baik untuk tanaman padi maupun untuk palawija," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Laksanakan Monitoring Ke UPTD Dinas Perhubungan Provinsi Jabar


Berita Terkait