Jalan Menuju Area Take-Off Paralayang di Tasikmalaya Akan Dibangun

Sabtu, 19 September 2020 12:27 Eris Kuswara Daerah

Jalan Menuju Area Take-Off Paralayang di Tasikmalaya Akan Dibangun

 

Koropak.co.id - Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) PGPI Paralayang Kabupaten Tasikmalaya, Mahmud Sugiri atau yang lebih akrab disapa Om Dude mengatakan, Pasir Gorowong Desa Nanggewer Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, sudah mengalokasikan 1 hektare area lahan pesawahan carik desa, untuk area landing paralayang.

Lahan tersebut ke depannya dapat digunakan untuk keperluan masyarakat luas sebagai ruang terbuka. "Artinya tidak hanya sebatas untuk paralayang, tetapi juga bisa digunakan untuk area lapang sepakbola atupun kegiatan-kegiatan lainnya. Bahkan juga bisa digunakan untuk gantole dan paramotor," kata Dude, Jumat (18/9/2020).

Untuk membuka jalan take-off Paralayang, diperkirakan bakal menghabiskan anggaran sebesar Rp 200 juta yang akan terkoneksi dengan jalan desa. "Karena Paralayang 2022 ini merupakan event provinsi, maka pembangunan jalan take off tersebut mengunakan bantuan provinsi," ujarnya.

Menurut dia, seluruh stakehoulder mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten memberikan dukungan positif.

Mereka antusias dengan rencana pemerintah menjadikan Desa Nanggewer, sebagai venue cabang olahraga Paralayang Dan Gantole dalam pekan olahraga Provinsi Jawa Barat Jabar 2022.

"Hal itu menjadi gerbang pariwisata di Desa Nanggewer yang bisa meningkatkan pendapatan untuk masyarakat," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Jalan Menuju Area Take-Off Paralayang di Tasikmalaya Akan Dibangun


Baca : Penerbang Paralayang Kabupaten Tasikmalaya Kibarkan Merah Putih di Angkasa

 

Menurut dia, Pengcab Paralayang Tasikmalaya saat ini sedang mendidik 2 putra daerah, yaitu Zamzam dan Kokon dan sudah melakukan penerbangan di desa tersebut.

"Keberadaan dua orang putra daerah atlet Paralayang ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi warga yang lainnya, untuk menyukai cabang olahraga ini," terang dia.

Lebih jauh Dude mengatakan, pihaknya sangat optimis jika dalam Porprov Tahun 2022 nanti, atlet Kabupaten Tasikmalaya mampu meraih medali emas.

"Kami menyadari, banyak keterbatasan yang kami miliki. Mulai dari sarana dan prasarana hingga jam terbang. Namun kami tidak berkecil hati dan kami tetap mempunyai optimisme untuk menjadi juara," tuturnya.* 

 

Baca : Dalam Porprov Tahun 2022, Walikota Tasikmalaya Targetkan 10 Besar