World Cleanup Day 2020 Serentak Dilaksanakan di 187 Negara

Sabtu, 19 September 2020 23:59 Dede Hadiyana Daerah

World Cleanup Day 2020 Serentak Dilaksanakan di 187 Negara


Koropak.co.id - Warga Kabupaten Tasikmalaya bersama komunitas yang bergerak dibidang lingkungan termasuk komunitas pecinta alam, mengikuti kegiatan World Cleanup Day (WCD) 2020, yang dilaksanakan di Kampung Balananjeur Desa Pagarsari Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (19/9/2020).

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu, dilaksanakan sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka bergerak bersama membersihkan sampah yang berada di lingkungan warga termasuk di sungai Cikadu Desa Pagarsari Kecamatan Pagerageung.

Ketua pelaksana WCD, Rustandi mengatakan, kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Kampung Balananjeur, atas kerjasama Jaringan Kerja Ecovillage Tasikmalaya (Jangkar), Lacak Jejak Sudut Kompas (LJSK) dan warga Kampung Balananjeur.

Namun, WCD 2020 ini merupakan kegiatan yang kedua kali untuk wilayah Desa Pagarsari dan tahun ketiga yang digelar di Tasikmalaya.

 

Baca : Aroma Sampah Menyengat, Menyumbang Polusi Udara Kabupaten Tasikmalaya

 

Secara kuantitas jelas dia, WCD tahun 2020 mengalami peningkatan jumlah peserta. Dimana tahun sebelumnya WCD dilaksanakan serentak di 156 negara, sedangkan tahun ini dilaksanakan serentak di 187 negara.

"Kami bangga dengan antusias warga yang ikut serta membersihkan sampah. Semoga ini menjadi langkah awal bagi warga Kampung Balanajeur, untuk mengembalikan fungsi sungai sebagaimana mestinya," ujarnya.

Ditambahkan, di Balananjeur ini sudah ada pengelolaan sampah yang dikelola oleh Karang Taruna dengan wadah Saung Riung, yang bekerjasama dengan komunitas Jaringan Kerja Ecovillage Tasikmalaya (Jangkar).*

 

Baca : Tim WCD 2020 Dorong Warga di Kabupaten Tasikmalaya Mampu Mengelola Sampah

 


Berita Terkait