Memorabilia Bandung Teduh, Kemarau Panjang Awal Wujudkan Wadah Kreativitas

Minggu, 20 September 2020 23:13 Eris Kuswara Nasional

Memorabilia Bandung Teduh, Kemarau Panjang Awal Wujudkan Wadah Kreativitas

 

Koropak.co.id - Bandung Teduh, sebuah even nasional yang diprakarsai oleh beberapa orang mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pasundan (Unpas) pada tahun 1999.

Untuk yang pertama kalinya, Bandung Teduh dilaksanakan pada bulan Oktober 1999 dengan melibatkan beberapa mahasiswa dari jurusan lain di Fakultas Seni Unpas, yaitu jurusan fotografi dan seni musik.

Bandung Teduh I merupakan wujud dari doa dan harapan di saat Bandung sedang mengalami kemarau panjang. Suasana kampus pun terasa kering dan kurang hidup. Apalagi pada saat itu dalam suasana tahun ajaran baru, antara mahasiswa lama dengan mahasiswa baru tercipta jarak yang renggang hingga tak bisa bertegur-sapa dan jauh dari keakraban.

Salah seorang panitia Bandung Teduh, Anul mengatakan, even ini merupakan wadah kreatifitas sekaligus pemersatu mahasiswa khususnya sesama fakultas seni dan umumnya seluruh mahasiswa Unpas.

"Even ini diadakan dengan harapan dan doa agar Bandung kembali segar dan teduh seperti sediakala," kata Anul, Minggu (20/9/2020).

Meskipun dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang ada saat itu, namun tidak membuat para mahasiswa yang terlibat dalam Bandung Teduh berhenti berkreasi. Pada akhirnya Bandung Teduh bisa dilaksanakan di kampus IV Unpas, Jalan DR Setia budi 193 Bandung.

"Berawal dari itu, event Bandung Teduh bisa digelar setiap tahunnya hingga berjalan selama 4 tahun berturut-turut. Dan Bandung Teduh IV pada tahun 2002, merupakan event terakhir semenjak 21 tahun event ini digelar pertama kalinya," ucapnya.

Pada tahun 2020 ini tambah dia, pihaknya masih bersemangat untuk kembali membuat event tersebut. Meskipun keberadaan panitia saat ini terpencar di berbagai kota dan negara, namun tidak menyurutkan semangat untuk mewujudkan niat baik.

"Kami berusaha untuk bisa menghadirkan event ini kembali dalam rangka memeriahkan dunia kreatif dan dunia internet, dengan beradaptasi pada situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Memorabilia Bandung Teduh, Kemarau Panjang Awal Wujudkan Wadah Kreativitas

 

Baca : Muara Kerinduan Alumni, Bandung Teduh 2020 Usung Konsep Virtual Event


Dikatakan, Bandung Teduh 2020 Virtual Event yang akan dilaksanakan pada 26 hingga 27 September 2020 nanti, akan hadir dengan semangat yang sama, namun lebih segar dan aktual, serta tetap mengusung kreatifitas. Dan tentunya untuk tahun ini bakal digelar dengan skala yang lebih besar dan banyak varian konten.

"Event ini merupakan wadah kreatifitas orang-orang kreatif. Diharapkan Bandung Teduh dapat memberikan semangat dan inspirasi khususnya bagi para generasi muda dan umumnya bagi masyarakat luas," katanya.

Selain sebagai event virtual yang berfungsi sebagai reuni virtual sesama alumni Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Unpas, tutur Anul, Bandung Teduh ini bisa menjadi wadah untuk berkreasi sekaligus sebagai alternatif hiburan dan saling berbagi pengalaman serta pengetahuan, untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Hal yang menarik yaitu, persiapan Bandung Teduh 2020 Virtual Event ini dilakukan secara virtual. Selama persiapan hingga saat ini, panitia yang ada di luar Bandung belum pernah bertemu dan bertatap muka secara langsung. Semua komunikasi dilakukan dengan WhatsApp dan Zoom Meeting, tentunya juga dengan chat di WhatsApp Group," tuturnya.

Ditambahkan, meskipun ada gagasan besar dan konten yang dipangkas karena keterbatasan dana, namun ia meyakini, konten yang ada di Bandung Teduh saat ini, bisa tetap menarik bagi masyarakat.*

 


Berita Terkait