ASN dan Anggota Dewan di Kabupaten Tasikmalaya Jalani Pemeriksaan Swab

Senin, 21 September 2020 13:34 D. Farhan Kamil Daerah

ASN dan Anggota Dewan di Kabupaten Tasikmalaya Jalani Pemeriksaan Swab

 

Koropak.co.id - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya menggelar Swab massal terhadap ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tasikmalaya, Senin (21/9/2020).

Dari jumlah ribuan ASN di Pemkab Tasikmalaya, tim gugus tugas menargetkan 500 ASN di lingkungan Setda yang akan menjalani pemeriksaan swab massal, termasuk ASN yang ada di lingkungan Sekretariat Dewan (Setwan) beserta seluruh anggota DPRD.

"Swab massal ini rencananya dilaksanakan selama tiga hari. Hari ini mudah-mudahan bisa setengahnya atau 250 ASN yang diperiksa," kata Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, dr. H. Mohamad Zen.

Pemeriksaan tersebut dilakukan seiring meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di beberapa daerah di Provinsi Jawa Barat termasuk di Kabupaten Tasikmalaya ini. Seperti kasus positif Covid-19 yang menimpa kepala puskesmas dan tenaga medis di dua puskesmas berbeda.

"Sasarannya adalah para ASN yang berada di tempat-tempat rawan atau kantor-kantor layanan publik, seperti Setda ini yang rentan dengan pergerakan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan kantor pemerintah daerah," ujarnya.

Zen menyebutkan, jika dirinya telah menjalani swab test dengan hasil negatif. "Alhamdulillah untuk saya pribadi hasilnya negatif. Mudah-mudahan juga dalam swab test hari ini juga, tidak ada satupun ASN yang dinyatakan positif Covid-19," tutur Zen.

 

Koropak.co.id - ASN dan Anggota Dewan di Kabupaten Tasikmalaya Jalani Pemeriksaan Swab (1)

 

Baca : Kelompok Berisiko Bakal Jadi Sasaran Swab Test di Kabupaten Tasikmalaya

 

Menurutnya, untuk seluruh sampel cairan hidung dan tenggorokan yang diambil tim medis, akan diperiksa di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya dan hasil seluruhnya akan keluar sekitar tiga hari ke depan.

Zen menegaskan, rata-rata kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, merupakan impor case atau bawaan dari luar kota/daerah.

Sementra itu, Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, dr. Reti Ziadewi menyebutkan, untuk hasil pemeriksaan swab massal ini, diperkirakan keluar, tiga hingga empat hari ke depan.

"Selain ASN, seluruh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya juga nantinya akan menjalani pemeriksaan swab yang direncakan pada Kamis besok" ujarnya.*

 

Baca : Tes Swab Massal di Kabupaten Tasikmalaya Habiskan Ratusan Juta


Berita Terkait