LBH KAI Advokasi Peduli Bangsa Siap Bantu Penegakkan Hukum

Senin, 21 September 2020 19:28 Eris Kuswara Daerah

LBH KAI Advokasi Peduli Bangsa Siap Bantu Penegakkan Hukum


Koropak.co.id - Sebagai salah seorang advokat hukum, maka tugasnya adalah mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki kepada kepentingan advokat. Namun disisi lain, advokat harus mampu menjembatani masyarakat agar bisa menikmati apa itu hukum.

Karena, sampai saat ini masyarakat baru mengetahui jika negara ini adalah negara hukum, tetapi belum bisa menikmati hakikat daripada hukum.

Demikian hal itu dikatakan Ketua Terpilih Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Advokasi Peduli Bangsa, Dr H Eman Sungkawa SH., MH, Minggu (20/9/2020).

"Saat tersandung kasus hukum, kadang-kadang orang tidak punya uang untuk biaya berperkara, entah itu perkara data hingga perkara pengadilan agama. Nah itu menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang advokat yang bergerak di LBH," kata Eman.

Ia menginginkan, LBH menjadi bala bantuan agar masyarakat bisa menikmati hukum di negara hukum. Intinya kata dia, ketika masyarakat tidak mampu secara ekonomi tersandung hukum, minimal dalam berperkara bisa digratiskan. Untuk itu, orang-orang tidak mampu harus diprioritaskan.

"Yang namanya advokat itu kan ingin menegakkan keadilan. Karena keadilan itu juga memang bukan milik segelintir orang, tetapi milik semuanya. Apalagi sekarang dengan Undang-Undang yang baru, bahwa advokat itu sebagai penegak hukum. Saya ingin menjabarkan bahwa LBH itu jangan hanya sebatas penegak hukum tanpa pergerakan," ujarnya.

 

Koropak.co.id - LBH KAI Advokasi Peduli Bangsa Siap Bantu Penegakkan Hukum (1)

 

Lebih jauh Eman menjelaskan, untuk para advokat junior perlu dipimpin oleh senior dan berpengalaman serta berpengetahuan. Sehingga para advokat di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya ini, bisa menegakan hukum dan membantu menegakkan keadilan di masyarakat.

Hukum itu tercipta untuk kepentingan keamanan dan keadilan. Sehingga apapun bentuknya, ketika seseorang bersalah, baik itu pejabat maupun rakyat kecil, semua harus diproses dan tidak ada istilah tebang pilih.

Ia berharap, advokat khususnya advokat KAI sebagai penegak hukum, agar benar-benar bisa dirasakan keberadaannya dan bermanfaat bagi masyarakat kecil.*

 

Baca : DPC KAI Tasikmalaya Dirikan LBH KAI Advokasi Peduli Bangsa

 


Berita Terkait