Berperang Melawan Pandemi Covid-19 di Hari Perdamaian Dunia 2020

Senin, 21 September 2020 21:35 Eris Kuswara Nasional

Berperang Melawan Pandemi Covid-19 di Hari Perdamaian Dunia 2020

 

Koropak.co.id - Kedamaian dunia tentunya merupakan harapan terbesar bagi seluruh umat di dunia. Tercatat, hari ini Senin (21/9/2020) masyarakat dunia sedang merayakan Hari Perdamaian Internasional atau World Peace Day. Diketahui, peringatan ini digelar setiap tahunnya sebagai dedikasi untuk perdamaian dunia, khususnya demi berakhirnya peperangan serta kekerasan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Senin (21/9/2020) perlu diketahui bahwa Hari Perdamaian Internasional ini sendiri digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan tujuan memperkuat kedamaian dunia dan mengurangi peperangan yang berkelanjutan. Bahkan, peringatan ini turut ditetapkan melalui Resolusi Nomor 55/282 tahun 1991.

 

Baca : Perdamaian  Jadi Semangat Refleksi Hari Santri Nasional

 

Secara garis besar, peringatan ini merupakan suatu ajakan agar seluruh masyarakat dunia bisa bekerjasama untuk menjaga perdamaian dan menghindari segala bentuk permusuhan, perpecahan serta konflik lainnya. Tercatat, peringatan Hari Perdamaian Internasional ini pertama kali digelar pada 1982.

Sejak saat itulah, sejumlah negara, kelompok politik, militer dan masyarakat pun turut mempertahankan peringatan ini. Selain itu, diketahui pada tahun 2013, Sekretaris Jenderal PBB pada akhirnya mendedikasikan peringatan ini untuk pendidikan perdamaian.

Sehingga masyarakat seluruh dunia pun menggelar sejumlah perayaan yang berbeda untuk membuka peringatan ini, contohnya seperti konser perdamaian di Belanda dan tradisi menuliskan arti perdamaian oleh murid sekolah di Tanzania.

 

Baca : Ribuan Warga Meriahkan Peringatan Gong Perdamaian Dunia di Ciamis

 

Kemudian juga ada peringatan pembunyian Lonceng Perdamaian PBB di Markas Besar PBB, New York untuk membuka Hari Perdamaian Internasional. Lonceng tersebut juga tentunya menjadi simbol perdamaian dan bertuliskan "Long Live Absolute World Peace" atau panjang umur perdamaian dunia sepenuhya.

Sementara itu, untuk tema Hari Perdamaian yang diusung tahun 2020 ini adalah "Shaping Peace Together" atau "Menyebarkan kasih sayang, kebaikan, dan harapan dalam menghadapi pandemi Covid-19".* (Indri)

 

Baca : TNI Terapkan Teknis Khusus Perang Nubika Untuk Menghadang Covid-19