Pilkada Tasikmalaya Resmi Diikuti Empat Paslon, Besok Pengundian Nomor Urut

Rabu, 23 September 2020 23:27 D. Farhan Kamil Pilkada

Pilkada Tasikmalaya Resmi Diikuti Empat Paslon, Besok Pengundian Nomor Urut

 

Koropak.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menetapkan empat pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Tasikmalaya di Pilkada serentak 2020 Kabupaten Tasikmalaya, melalui rapat pleno KPU, Rabu (23/8/2020).

Empat paslon tersebut adalah, H Ade Sugianto SIP-Cecep Nurul Yakin (Hade-Yakin), Azies Rismaya Mahfud-Haris Sanjaya, Iwan Saputra-Iip Miptahul Paoz (Wani) dan Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma (Cekas).

"Hari ini kita laksanakan rapat pleno penetapan paslon bupati dan wakil bupati yang dilanjutkan dengan kunjungan ke masing-masing paslon," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin, SP.

Kunjungan tersebut merupakan agenda silaturahmi serta untuk menyampaikan hasil rapat pleno. Kegiatan yang dikuti oleh Bawaslu dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu juga sekaligus dalam rangka menguatkan komitmen bersama mewujudkan Pilkada yang damai dan patuh terhadap protokol kesehatan.

Kesepahaman bersama dalam rangka mewujudkan Pilkada yang patuh terhadap protokol kesehatan, kata Zamzam, diharapkan menjadi kesepakatan dan tanggung jawab pihak penyelenggara, peserta pemilu, Forkopimda dan seluruh masyarakat pemilih dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan pemilu di tengah pandemi Covid-19.

"Pilkada di tengah pandemi Covid-19 merupakan tantangan yang tidak sederhana. Bagaimana kita mampu menyelenggarakan Pilkada yang riang gembira dan kesehatan semua bisa terjaga," ujarnya.

 

Baca : Mengnyinergikan Aturan Pilkada 2020 Dengan Aturan Protokol Covid-19

 

Ditambahkan, KPU akan menggelar acara pengundian nomor urut paslon bupati dan wakil bupati sekaligus deklarasi Pilkada damai serta penandatanganan fakta integritas pada hari Kamis (24/9/2020).

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto menyebutkan, dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini, Kapolri telah mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada.

"Kami bersama Forkopimda, KPU dan Bawaslu, kita ingin menjamin pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya ini dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan," kata dia.

 

Baca : Ratusan Ormas Berikrar Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

 

Pada maklumat tersebut, Kapolri menegaskan dalam pelaksanaan pemilihan 2020 harus tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan paraturan pemerintah terkait penanganan dan pencegahan serta protokol kesehatan Covid-19.

"Jadi kami ingin menyosialisasikan khususnya kepada tim sukses, simpatisan dan pasangan calon untuk bersama-sama menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk menyelamatkan masyarakat, penyelenggara serta peserta pemilu, supaya semuanya aman dari ancaman Covid-19," tutur Anom.

Adapun terkait sanksi atau denda dalam perkara yang bersebrangan dengan maklumat Kapolri tersebut, kata Anom, akan dibahas bersama pihak penyelenggara pemilu termasuk pemerintah, terkait pelanggaran dalam penerapan protokol kesehatan.*

 

Baca : Cabup Cawabup Tasikmalaya Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSHS Bandung


Berita Terkait