Terjadi Lonjakan Dahsyat Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

Sabtu, 26 September 2020 23:21 Eris Kuswara Daerah

Terjadi Lonjakan Dahsyat Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam satu hari di Kota Tasikmalaya pada Jumat (25/9/2020) yang mencapai 22 orang ternyata muncul dari Klaster Pendidikan yang ada di Kecamatan Cihideung dan Klaster Instansi.

Bahkan berdasarkan data yang diunggah di laman Facebook Pemerintah Kota Tasikmalaya hingga Sabtu (26/9/2020) jumlah total kasus pasien yang terkonfirmasi positif kini mencapai 107 kasus.

Dari jumlah total itu juga diketahui sebanyak 42 pasien saat ini sedang dikarantina di RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya dan beberapa rumah sakit lainnya serta 7 pasien meninggal dunia.

Sementara itu, khusus untuk kasus yang muncul dari 2 klaster baru itu, tercatat 12 kasus berasal dari klaster pendidikan dan 6 klaster instansi yang meliputi 3 kasus dari klinik, 1 kasus dari Cibunigeulis Kecamatan Bungursari dan 1 kasus lagi dari Awipari Kecamatan Cibeureum.

 

Koropak.co.id - Terjadi Lonjakan Dahsyat Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

 


Baca : Kota Tasikmalaya Tidak Terapkan PSBB Meski KasusCovid-19 Melonjak


Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengatakan, tercatat, hingga Sabtu pagi, dari 2 klaster baru tersebut belum ada penambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu juga dari 2 Klaster baru itu pun tidak ada yang meninggal dunia. Untuk pasien meninggal dunia, hanya berasal dari Klaster terdahulu dan Klaster satu keluarga.

"Khusus dari 23 kasus positif yang kemarin mencuat itu, hingga Sabtu pagi ini sudah sekitar 220 orang ditracing. Karena kami menduga 220 orang tersebut melakukan kontak erat dengan mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari kemarin. Selain itu, hari ini juga tracing masih terus dilakukan,” ucapnya.

Ditambahkan Uus, saat ini, semua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dirawat oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya di ruangan isolasi di RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya sebanyak 9 kamar dari total 40 kamar yang dibangun di Gedung Mitra Batik.

“Untuk ruangan isolasi sendiri yang jelas akan kami siapkan lagi apabila sudah penuh. Semoga tidak ada lagi penambahan, Karena jika ada penambahan, maka kami pun akan membuka kembali karantina di Rumah Sakit Yarsi untuk menampung yang tidak bergejala,” ujarnya.*

 

Baca : Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Terus Melonjak Warga Harus Disiplin

 


Berita Terkait