Mulai Hari Ini Pemkot Tasikmalaya Berlakukan Aturan Jam Malam

Selasa, 29 September 2020 13:04 Eris Kuswara Daerah

Mulai Hari Ini Pemkot Tasikmalaya Berlakukan Aturan Jam Malam

 

Koropak.co.id - Terhitung mulai hari ini, Selasa (29/9/2020) Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, memberlakukan aturan jam malam dengan membatasi aktivitas usaha dan kegiatan masyarakat hingga pukul 21.00 WIB. Aturan itu dilakukan untuk menekan kasus penyebaran Covid-19 yang terus meningkat di Kota Tasikmalaya.

Sekretaris Daerah sekaligus Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan mengatakan, untuk penerapan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker, masyarakat sudah lebih tertib. Namun sayangnya, untuk jaga jarak hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan. Padahal jaga jarak ini sangat penting untuk menghindari ancaman terpapar Covid-19.

"Maka, untuk meminimalisir potensi-potensi penularan itu, kami berupaya salah satunya dengan menghentikan segala aktivitas yang memicu kerumunan. Karena ketika berkerumun, maka jaga jarak sulit dilakukan,” kata Ivan.

 

Mulai Hari Ini Pemkot Tasikmalaya Berlakukan Aturan Jam Malam

 

Baca : Terjadi Lonjakan Dahsyat Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

 

Pemerintah terang dia, mengambil langkah dengan memberlakukan pembatasan aktivitas malam hingga pukul 21.00 WIB. Di atas jam tersebut, masyarakat tidak boleh lagi beraktivitas kecuali untuk kepentingan-kepentingan tertentu seperti pergi ke apotek atau ke fasilitas kesehatan.

"Selain itu, aktivitas usaha juga harus dihentikan di atas jam tersebut, kecuali untuk aktivitas layanan kesehatan, SPBU dan aktivitas tertentu lainnya. Intinya jika sebelumnya batas aktivitas itu sampai pukul 23.00 WIB, kini kami batasi hingga pukul 21.00 WIB malam," tegasnya.

Ivan menuturkan, pihaknya juga menginstruksikan agar petugas patroli di lapangan untuk lebih tegas jika memang ditemukan aktivitas usaha atau kerumunan warga, agar segera dibubarkan.

 

Baca : Terjadi Lonjakan Dahsyat Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Mulai Hari Ini Pemkot Tasikmalaya Mulai Berlakukan Aturan Jam Malam

 

Baca : Kota Tasikmalaya Tdak Terapkan PSBB Meski Kasus Covid-19 Melonjak

 

Disinggung soal rencana pembatasan sosial bersekala mikro atau karantina mikro, ia menegaskan hinggga saat ini belum dapat diterapkan oleh Tim Gugus Tugas.

"Kebijakan tersebut masih perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut. Kami terlebih dahulu perlu mengetahui secara pasti penyebaran virus corona dari hasil tracking pasien," tuturnya.

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Kota Tasikmalaya, hingga Selasa (29/9/2020), jumlah total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, mencapai 145 orang dengan pasien aktif sebanyak 78 orang dan meninggal dunia sebanyak 8 orang.

Sementara untuk jumlah total pelanggar protokol kesehatan, hingga Senin (28/9/2020) di Kota Tasikmalaya, mencapai 2.733 orang.

"Mereka yang melanggar, adalah yang tidak mengenakan masker saat berada di ruang publik," ucapnya.*

 

Baca : Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Terus Melonjak Warga Harus Disiplin

 


Berita Terkait