Menunggu Hasil Swab Kedua, Ponpes Cipasung Siapkan Ruang Isolasi

Sabtu, 03 Oktober 2020 14:28 D. Farhan Kamil Daerah

Menunggu Hasil Swab Kedua, Ponpes Cipasung Siapkan Ruang Isolasi


Koropak.co.id - Antisipasi ledakan angka kasus positif Covid-19 di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, relawan Covid-19 Pesantren Cipasung bakal menyiapkan sejumlah ruang kelas di beberapa sekolah yang berada di lingkungan Yayasan Pendidikan Pesantren Cipasung.

Hal itu menyusul pelaksanaan pemeriksaan swab terhadap 200 santri termasuk beberapa dewan pengurus pesantren, yang dipusatkan di MAN Cipasung, Jumat (2/10/2020).

"Ya kita siapkan beberapa ruang kelas, jika dibutuhkan untuk isolasi santri yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR tahap kedua, mudah-mudahan tidak. Saat ini kita masih menunggu hasil swab test-nya," kata relawan Covid-19 Pesantren Cipasung, Haryadi Ahmad Syatari.

Menurutnya, untuk para santri yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR tahap pertama, hingga saat ini masih menjalani isolasi mandiri di ruang khusus di lingkungan pesantren.

"Mereka saat ini kondisinya sangat baik alias tanpa gejala dan tidak disertai penyakit penyerta. Sedangkan dua orang santri yang terkonfirmasi positif dilarikan ke RSUD SMC untuk diisolasi, karena disertai penyerta, seperti diare," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Menunggu Hasil Swab Kedua, Ponpes Cipasung Siapkan Ruang Isolasi

 

Baca : Puluhan Santri di Kabupaten Tasikmalaya Terkonfirmasi Positif Covid-19

 

Humas Relawan Covid-19 Pesantren Cipasung, Deny Arif Rahman menyebutkan, swab test tahap kedua dilakukan terhadap keluarga dan santri termasuk para pekerja yang berkaitan erat dengan anggota keluarga cipasung Pesantren Cipasung dengan jumlah 206 orang.

"Insyaallah untuk ke depan, guru-guru dan staff TU serta dosen termasuk masyarakat sekitar, akan kita swab juga dengan bantuan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya," kata Deny.

Ditambahkan, untuk rencana berikutnya, bagi para santri yang hasil swab tesnya negatif, dipersilahkan untuk dijemput oleh para orang tuanya.

"Mereka kita rekomendasikan untuk isolasi di rumah masing-masing dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Untuk jadwal kepulangannya, nanti kita susun setelah hasil resmi swab test yang dilakukan oleh tim gugus tugas Covid-19, keluar," ujarnya.*

 

Baca : Cegah Sebaran Covid-19, Besok Swab Kedua Digelar di Komplek Pontren Cipasung


Berita Terkait