Aksi Demonstrasi Tolak Omnibus Law Serentak di Seluruh Indonesia

Kamis, 08 Oktober 2020 21:43 Adin Wardini Nasional

Aksi Demonstrasi Tolak Omnibus Law Serentak di Seluruh Indonesia

 

Koropak.co.id - Ribuan buruh dari berbagai daerah melangsungkan aksi mogok kerja nasional bertajuk Pemogokan Umum Rakyat Indonesia yang dimulai sejak Selasa hingga Kamis (6-8/10/2020). Hal itu sebagai bentuk protes dan penolakan disahkannya Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja oleh DPR dan pemerintah pada Senin (5/10/2020) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Kamis (8/10/2020) aksi penolakan berlangsung serentak di puluhan Kota di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Banten, Tangerang, Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Cimahi, Sumedang, Bandung Raya, Garut, Tasikmalaya hingga berbagai Kota lainnya.

Puncak aksi demonstrasi penolakan juga dilaksanakan pada hari ini di depan gedung DPR/MPR RI Senayan dan gedung Istana.

Aksi tersebut diikuti oleh sekitar 5 ribu orang lebih massa yang didalamnya tidak hanya buruh saja melainkan juga mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta berbagai elemen aktivis lainnya yang sepakat menolak pengesahan UU Cipta Kerja.

 

Koropak.co.id - Aksi Demonstrasi Tolak Omnibus Law Serentak di Seluruh Indonesia

 

Baca : Tuai Pro-Kontra, Pemerintah Pusat Harus Beri Penjelasan UU Omnibus Law

 

Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos mengatakan, aksi demontrasi serentak dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia dan puncaknya berlangsung hari ini di depan Gedung DPR RI.

"Hari ini merupakan aksi besar-besaran yang dilakukan di depan gedung DPR-RI dan Pemerintah Daerah masing-masing Kota/ kabupaten. Dalam aksi demonstrasi ini, sejumlah organisasi buruh dan mahasiswa juga menyerukan hal yang sama," kata Nining.

Di Kota Tasikmalaya, aksi demonstrasi dilakukan ratusan mahasiswa gabungan se-Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di depan gedung DPRD Kota Tasikmalaya.*

 

Baca : Demonstrasi Berlanjut, Ratusan Mahasiswa Geruduk DPRD dan Gelar Orasi


Berita Terkait