Tangkap Pencuri Kayu, Polisi Sita Puluhan Batang Kayu Siap Jual

Selasa, 13 Oktober 2020 14:15 D. Farhan Kamil Daerah

Tangkap Pencuri Kayu, Polisi Sita Puluhan Batang Kayu Siap Jual

 


Koropak.co.id - Seorang pelaku pembalakan liar di kawasan hutan milik Perum Perhutani Tasikmalaya, ditangkap Satreskrim Polres Tasikmalaya. Senin (12/10/2020). Dari tangan pelaku yang diketahui bernama Rohyan (47) ini, petugas dari Polres Tasikmalaya, Polsek Cipatujah dan Perum Perhutani, ditemukan puluhan batang kayu hutan bernilai jual tinggi.

Aksi pencurian tersebut pertama kali diketahui petugas patroli Perum Perhutani yang curiga dengan kendaraan truk Mitsubishi nomor polisi AB 8125 AC yang terparkir di pinggir jalan dan berisi sejumlah kayu jenis mahoni.

Tidak lama kemudian petugas juga melihat satu mobil pick up Suzuki carry SS nomor polisi Z 8067 NI mengangkut kayu jenis yang sama. Setelah diperiksa ternyata kayu berasal dari kawasan hutan milik perhutani. Petugas patroli kemudian melaporkan ke Polres Tasikmalaya.

"Dari laporan pihak Perhutani, kita langsung bergerak ke lokasi dan benar disitu sudah ada dua kendaraan bermuatan kayu yang digunakan pelaku mengangkut hasil curian. Kita pun berhasil menangkap pelaku dan mengamankan sejumlah barang bukti," kata Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP Hario Prasetyo Seno, Selasa (13/10/2020).

Dari kendaraan pelaku terang dia petugas berhasil mengamankan 56 batang kayu mahoni, tiga batang kayu rimba dan satu mesin gergaji.

Berdasarkan keterangan pelaku, kayu curian ini akan di jual. Kemudian hasilnya akan dibelikan bibit cengkeh dan akan ditanam di lahan tersebut.

"Kayu-kayunya belum sempat dijual karena keburu kita amankan," ujarnya.

Pelaku, kata Hario, dikenakan pasal 82 ayat (1) huruf C junto pasal 12 huruf C Undang-undang RI Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

"Pidana Penjara paling singkat satu tahun, paling lama lima tahun. Denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp 2,5 miliar," terang dia.

 

Koropak.co.id - Tangkap Pencuri Kayu, Polisi Sita Puluhan Batang Kayu Siap Jual

 

Sementara itu, Administrator Perhutani KPH Tasikmalaya Beni Suko Tri Atmoko membenarkan bahwa pelaku melakukan pencurian kayu di kawasan hutan Perhutani KPH Tasikmalaya.

"Jadi pelaku menebang kayu di kawasan hutan Perhutani. Petugas patroli kami memergoki kendaraan pelaku yang membawa kayu mahoni dan rimba dari kawasan Perhutani," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, Perhutani berkoordinasi dengan Polsek Cipatujah dan Polres Tasikmalaya. "Kita sangat berterima kasih kepada jajaran Kepolisian yang telah bekerja sama dengan melakukan tindakan cepat menangani tindak pidana pencurian kayu ini," tutu Beni.

Ditambahkan, sepanjang tahun 2020 ini, kasus tindak pidana pencurian kayu di kawasan Perhutani baru terjadi sekarang. "Untuk kasus pencurian di Cipatujah ini, nilai kerugiannya Rp 97 juta," imbuhnya.*

 

Baca : Wacana Galunggung Jadi Geopark Nasional, Dukung 3 Program Perhutani


Berita Terkait