Meski Tak Bergaji, TKSK Bangga Bantu Warga Tasikmalaya

Rabu, 14 Oktober 2020 11:07 Didit Fauzi Daerah

Meski Tak Bergaji, TKSK Bangga Bantu Warga Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Eksistensi Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) di Kota Tasikmalaya, hingga kini tetap menjadi mitra strategis yang sangat penting bagi pemerintahan pusat dan daerah, dalam menyelenggarakan pembangunan kesejahteraan sosial.

Keberadaan TKSK di lapangan, telah mampu mempengaruhi kinerja pemerintah di daerah secara positif. Meskipun secara struktural, TKSK ini tidak ada baik di Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi maupun daerah kabupaten dan kota.

Demikian hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Abu Mansyur, M.Si di hadapan para relawan sosial mitra kerja Dinas Sosial pada acara syukuran hari jadi 11 tahun TKSK, di Gedung Loka Bina Karya (LBK), Jalan Letjen Mashudi, Mulyasari Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Selasa, (13/10/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekdis Sosial, Hendra Budiman, Para Camat, para Ketua Karang Taruna, PSM, Tagana dan RBM serta para relawan TKSK se-Kota Tasikmalaya.

"Kami menyampaikan apresiasi sekaligus mengucapkan hari jadi TKSK ke 11. TKSK telah menjadi mitra yang sangat penting bagi Pemerintahan. TKSK sangat berperan penting dan selaras dalam program-program urusan bidang sosial, seperti hal pemberdayaan KUBE atau penyaluran bantuan sosial," kata Abu Mansyur.

Ia berharap, hari ulang tahun TKSK ini menjadi momen penguatan pelaksanaan fungsi TKSK di dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Di antaranya fungsi koordinasi, fasilitasi, serta fungsi administrasi.

"Pada masa pandemi Covid-19 ini, keberadaan TKSK sangat penting sebagai penggerak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan," ujarnya.

 

Baca : Satu Dasawarsa TKSK, Solusi Kesenjangan Sosial

 

Ketua forum TKSK Tasikmalaya, Lilis SZ menyebutkan, perayaan hari jadi TKSK ini dilakukan serentak se-Indonesia. "Meskipun TKSK sudah ada pada tahun 2009, namun sesuai Permensos nomor 28 tahun 2018, 9 Oktober ini adalah disahkannya hari jadi TKSK se-Indonesia. Harapan kedepan, semua stakeholder, lembaga masyarakat, bisa bersinergi dengan TKSK dalam hal penanganan permasalahan sosial di masyarakat," katanya.

Meski tanpa gaji sesuai dengan UMK, terang Lilis, tidak menjadi alasan TKSK untuk tidak membantu masyarakat dalam penanganan sosial di tiap wilayah kerjanya.

"Kita akui ada perhatian dari pemerintah berupa honor setiap bulannya dengan nama tali asih. Meskipun jauh dari UMK, namun ada hal yang paling membanggakan TKSK yakni saat membantu masyarakat dan pemerintah dalam bidang sosial," ujar dia.*

 

Baca : TKSK Cipedes Kota Tasikmalaya Salurkan Bantuan Sembako Pangan Ke 1.308 KPM

 

 


Berita Terkait