Gerakan Pramuka Berperan Penting Dalam Pembangunan Kesehatan

Rabu, 14 Oktober 2020 22:02 D. Farhan Kamil Daerah

Gerakan Pramuka Berperan Penting Dalam Pembangunan Kesehatan

 

Koropak.co.id - Pembangunan kesehatan hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kesinambungan antar upaya program, sektor serta seluruh masyarakat. Oleh karena itu, peran serta di luar sektor kesehatan sangat diharapkan dalam mencapai kemampuan seluruh lapisan masyarakat untuk hidup sehat.

Salah satu wujud peran serta masyarakat adalah melalui keterlibatan kelompok masyarakat yang peduli dan bergerak di bidang kesehatan. Salah satu gerakan dalam mendorong masyarakat untuk hidup sehat adalah melalui Gerakan Pramuka.

Demikian hal itu dikatakan Majelis Pembina (Mabi) Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada sekaligus Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Suharto, Rabu (14/10/2020).

"Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok mendidik dan membina kaum muda Indonesia agar menjadi tenaga kader pembangunan yang beriman dan bertakwa, berilmu pengetahuan dan teknologi serta bermoral Pancasila yang sehat jasmani dan rohani," kata Heru.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, gerakan pramuka bekerja sama dengan berbagai instansi terkait termasuk dengan Dinas Kesehatan.

 

Koropak.co.id - Gerakan Pramuka Berperan Penting Dalam Pembangunan Kesehatan

 


Hal ini terang dia, dimaksudkan untuk mewujudkan tenaga kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan perilaku hidup bersih dan sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

"Saka merupakan satuan organisasi sebagai wadah penyelenggaraan pendidikan, pengembangan bakat, minat dan keterampilan bagi pramuka penegak dan pandega. Sementara Saka Bakti Husada merupakan wadah pendidikan dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang kesehatan," tuturnya.

Saka Bakti Husada merupakan salah satu saka yang memiliki fungsi penting dalam peningkatan kesehatan masyarakat, untuk itu peranannya perlu ditingkatkan melalui pembinaan berkesinambungan sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan agar berdaya guna dan berhasil guna.

"Pramuka yang menjadi anggota Saka Bakti Husada terutama ASN di lingkungan DKPP, diharapkan dapat menjadi contoh, agen perubahan untuk menggerakkan masyarakat sekitarnya terutama generasi muda dalam menerapkan pola hidup sehat," ujarnya.*

 

Baca : Pemkab Tasikmalaya Perkuat Penggerak Pola Hidup Bersih dan Sehat


Berita Terkait