KPU Kabupaten Tasikmalaya Bentuk Dua Kampung Demokrasi dan Duta Pilkada

Jum'at, 16 Oktober 2020 22:03 D. Farhan Kamil Pilkada

KPU Kabupaten Tasikmalaya Bentuk Dua Kampung Demokrasi dan Duta Pilkada

 

Koropak.co.id - KPU Kabupaten Tasikmalaya bentuk kampung demokrasi dan duta pemilihan di Kampung Pamoyanan Desa Karangmukti Kecamatan Salawu dan di Desa Cibatuireng Kecamatan Karangnunggal. Hal itu selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat juga sebagai sarana edukasi politik terhadap pemilih.

"Sebagai percontohan kami bentuk dua kampung demokrasi di Desa Karangmukti Kecamatan Salawu dan Desa Cibatuireng Kecamatan Karangnunggal, termasuk dua orang duta pemilihan dari utusan mahasiswa kampus IAIC dan STIE," kata Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Istianah M.Ag, Jumat (16/10/2020).

Menurut Istianah, pembentukan kampung demokrasi ini atas dasar surat dinas dari KPU Provinsi Jawa Barat agar setiap daerah kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak, membentuk kampung demokrasi dan duta pemilihan.

"Kita mengambil percontohan membuat kampung demokrasi di Desa Karangmukti Kecamatan Salawu dengan jumlah partisipasi masyarakatnya tinggi pada pemilu lalu dan di Desa Cibatuireng Kecamatan Karangnunggal dengan jumlah partisipasi pemilih yang rendah," ujarnya.

Di Kampung demokrasi tersebut tambah dia, pihak penyelenggara pemilu secara rutin dan bertahap melakukan sosialisasi tentang Pilkada, baik kepada tokoh masyarakat maupun kepada pemilih pemula.

"Di kampung itu kan suka ada poskamling, kita jadikan saung demokrasi untuk kumpul para pemuda. Di poskamling itu kita manfaatkan untuk berdiskusi kepemiluan, kepemilihan dan demokrasi, sehingga partisipasi pemilih di Kampung tersebut meningkat," terang dia.

 

Baca : KPU Gelar Wawancara Relawan Demokrasi Untuk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

 

Ia berharap dengan terbentuknya kampung demokrasi ini, menjadi percontohan bagi kecamatan lain, untuk membentuk kampung demokrasi. Minimal satu kecamatan satu kampung demokrasi yang dibuat mandiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagai media untuk belajar demokrasi.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin S.Ag menyebutkan, peran duta pemilihan adalah untuk mewakili komisioner KPU atas undangan menjadi narasumber, untuk mengisi kegiatan atau diskusi .

"Duta pemilihan ini sudah diberikan bekal ilmu kepemiluan oleh KPU. Sehingga mereka bisa menyampaikan edukasi dan pendidikan politik kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat atau pemilih," terang Jajang.*

 

Baca : Di Indonesia Hanya Di Salawu Tasikmalaya Ada Kampung Demokrasi


Berita Terkait