Pansus VII DPRD Jabar Kunjungi Ponpes Subulus Salam Kota Tegal

Rabu, 14 Oktober 2020 14:41 Dede Hadiyana Parlemen

Pansus VII DPRD Jabar Kunjungi Ponpes Subulus Salam Kota Tegal

 

Koropak.co.id - Pimpinan dan Anggota Panitia Khusus (Pansus) VII DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanaan kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Subulus Salam, Kota Tegal, Rabu (14/19/2020). Hal itu terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Pesantren.

Wakil Ketua Pansus VII DPRD Provinsi Jawa Barat, Tetep Abdulatip mengatakan, dari kunjungan tersebut pihaknya mendapatkan masukan dan cacatan yang beragam dan komprehensif dari Pimpinan Ponpes Subulus Salam bersama pimpinan Muhammadiyah Kota Tegal.

"Muhammadiyah sebagai Ormas besar di Indonesia, memberikan masukan dan saran terhadap Raperda ini mulai dari sinkronisasi antara pesantren dengan pemerintah hingga hal teknis yang dapat menunjang kemakmuran pesantren," ujarnya.

Pihaknya kata dia, akan membahas saran berharga dari pihak pesantren dan akan mencoba memasukan klausul itu ke dalam Perda Penyelenggaraan Pesantren di Jawa Barat.

 

Koropak.co.id - Pansus VII DPRD Jabar Kunjungi Ponpes Subulus Salam Kota Tegal

 

Baca : DPRD Provinsi Jawa Barat Tampung Aspirasi Petani Garam Kabupaten Cirebon

 

Menurutnya, Perda ini menjadi penting karena dapat menjadi wadah bagi para lulusan pesantren, yang memiliki ilmu dan keterampilan di bidang lain. Disamping itu, Perda ini memberi ruang jalinan kerjasama antara pesantren dengan dunia usaha atau industri.

"Peran pemerintah sangat penting untuk memfasilitasi kerjasama tersebut agar para lulusan pesantren menjadi orang yang mandiri dengan memiliki latar belakang keterampilan termasuk memiliki ilmu yang kontemporer," katanya.

Diketahui bahwa Pondok Pesantren Modern Subulus Salam merupakan pondok pesantren modern yang dikelola oleh salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah Kota Tegal.*

 

Baca : Dewan Dorong Sekolah Terbuka Guna Tingkatkan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus


Berita Terkait