Pelaku Seni Jangan Takut Untuk Berkreasi di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 22 Oktober 2020 21:19 Eris Kuswara Daerah

Pelaku Seni Jangan Takut Untuk Berkreasi di Tengah Pandemi Covid-19

 

Koropak.co.id - Kegiatan Apresiasi Seni Gelar Budaya 2020 merupakan rangkaian kegiatan gelar budaya yang diadakan di Hotel Grand Metro Tasikmalaya. Disana, para seniman dan budayawan diberikan bekal dan materi mengenai bagaimana mereka bisa mempersiapkan seni pertunjukan di tengah pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Apresiasi Seni Gelar Budaya 2020, Kepler Sianturi kepada Koropak, selepas mengikuti kegiatan Apresiasi Seni Gelar Budaya 2020 yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT) Kamis (22/10/2020).

"Para seniman dan budayawan ini sudah rindu dan kangen untuk masuk dalam seni pertunjukan. Mereka juga rindu untuk naik panggung kembali, rindu dengan teman-temannya karena sudah beberapa bulan lamanya mereka tidak dapat bersilaturahmi. Kemudian masyarakat juga rindu dengan para apresiator ini," tutur Kepler.

Kepler menjelaskan, kegiatan pagelaran itu juga tentunya sebagai upaya dari para penggiat seni dalam melestarikan warisan budaya yang harus tetap terawat dengan baik. Dia juga berpesan kepada para seniman dan budayawan untuk tidak perlu takut ketika mereka ingin menggelar suatu kegiatan atau pertunjukan sepanjang tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi para seniman dan budayawan, tidak perlu takut jika ingin menggelar kegiatan sepanjang tetap menerapkan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan Satuan Gugus Tugas (Satgas) agar Satgas ini bisa melakukan pendeteksian dini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Pelaku Seni Jangan Takut Untuk Berkreasi di Tengah Pandemi Covid-19

 

Disinggung soal penggunaan payung geulis sebagai sekat atau pembatas antar penonton dan tamu undangan, Kepler menyebutkan, hal itu merupakan terobosan kreatif dari para pegiat seni dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ia menjelaskan, payung geulis tidak seperti kebanyakan payung pada umumnya yang berfungsi sebagai pelindung saat hujan. Karena payung yang memiliki estetika tinggi ini diciptakan untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari.

Seiring perkembangnya zaman, saat ini payung geulis sudah berevolusi. Bahkan bahan yang digunakan untuk pembuatan payung geulis ini bukan hanya dari kertas saja, tetapi sudah bermacam-macam mulai dari plastik, kain, kanvas hingga bordir.*

 

Baca : Apresiasi Seni Gelar Budaya 2020 Sebagai Ruang Kreativitas Pelaku Seni