Akhiri Latihan Kesamaptaan, Satpol PP Lakukan Pembaretan

Sabtu, 24 Oktober 2020 07:40 D. Farhan Kamil Daerah

Akhiri Latihan Kesamaptaan, Satpol PP Lakukan Pembaretan

 

Koropak.co.id - Mengakhiri latihan Kesamaptaan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tasikmalaya, melakukan pembaretan terhadap para peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh tahapan latihan secara sempurna, Jumat (23/10/2020).

Disaksikan Penjabat Bupati dan Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Kasatpol PP, Iwan Ridwan bersama para pelatih dari unsur Kodim 0612/Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya, memasang baret kepada anggota Pol PP dan petugas Damkar.

"Pasca pembaretan ini, mereka akan segera diterjunkan ke 8 titik di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki kerawanan politik dan sosial serta bencana menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 nanti. Mereka bertugas mentranSfer ilmu dan skill hasil latihan Kesamaptaan ini kepada 1.053 jaringan masyarakat (jarimas) sekaligus anggota Linmas yang sebelumnya sudah mengikuti latihan kesiagaan, yang tersebar di 39 Kecamatan," kata Iwan.

 

Akhiri Latihan Kesamaptaan, Satpol PP Lakukan Pembaretan

 

Baca : Pengenaan Denda Bagi Yang Tidak Bermasker, Tantangan Berat Satpol PP

 

Selanjutnya terang Iwan, Jarimas ini akan disebar ke seluruh desa untuk membangun koordinasi dan soliditas dengan 7.323 Linmas yang juga bagian dari RT siaga, sehingga mereka memiliki pemahaman dan misi yang sama dalam rangka mengawal pelaksanaan Pilkada yang berintegritas dan berwibawa di tengah pandemi Covid-19, di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) .

"Linmas ini nantinya akan ditempatkan di seluruh TPS yang berjumlah 3.740. Masing-masing TPS berjumlah dua orang Linmas. Kita juga akan segera menyodorkan nama-nama calon Linmas ke KPU Kabupaten Tasikmalaya, yang sedang direkrut, untuk menutupi kekurangan personel yang akan diploting di TPS. Mereka nantinya akan kita latih juga," ujar Iwan.

Lebih lanjut Iwan menyampaikan apresiasi kepada Sekda Dr. H. Moh Zen, yang secara tegas akan memperhatikan nasib para anggota Satpol PP non ASN, untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.*

 

Baca : TNI-Polri Gembleng Puluhan Anggota Pol PP dan Damkar Kabupaten Tasikmalaya