Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Panggil Pengelola Mayasari Foundation

Senin, 26 Oktober 2020 19:23 D. Farhan Kamil Pilkada

Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Panggil Pengelola Mayasari Foundation

 

Koropak.co.id - Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda S.IP mengatakan, pihaknya telah mengundang hadir pengelola Mayasari Foundation untuk dimintai keterangan terkait bantuan sembako kepada masyarakat korban bencana di Tasikmalaya Selatan beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut diduga ada sangkut paut dengan pasangan bupati dan wakil bupati calon nomor urut 1 Azies Rismaya Mahfud (ARM) - Haris Sanjaya pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020.

"Kita mengundang pihak pengelola Mayasari Foundation untuk meminta keterangan, menyusul adanya informasi awal yang masuk ke Bawaslu terkait politisasi pembagian sembako di wilayah Kabupaten Tasikmalaya," jelas Dodi, Senin (26/10/2020).

Menurut dia, Bawaslu telah dan sedang mengumpulkam bukti-bukti materiil maupun formil terkait pembagian sembako untuk masyarakat korban bencana yang dilakukan di posko-posko tim nomor urut 1.

"Hari ini kami menindaklanjuti informasi yang masuk ke Bawaslu dan meminta penjelasan langsung dari pihak terkait apakah masuk dugaan pelanggaran pidana pemilu atau tidak," tutur dia.

 

Baca : Jaringan Pengaman Sosial Ala Primajasa-Mayasari Peduli Lebih Ditingkatkan

 

Adapun bentuk bantuan sembako nya, berupa mie instan, minyak goreng, telur dan beras. Sedangkan dugaan adanya pembagian uang dan stiker pasangan nomor urut 1 bersamaan dengan batuan bencana tersebut, Bawaslu masih mendalaminya. "Yang jelas kami belum menerima laporan adanya uang dan stiker dalam bantuan sembako tersebut," jelas dia.

Dodi mengatakan, selain menangani dugaan adanya pelanggaran Pilkada dari pasangan nomor urut 1, Bawaslu pun tengah mengawasi informasi dan laporan adanya indikasi pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Tasikmalaya.

Koordinator Lapangan (Korlap) Mayasari Bakti Utama Foundation, Irwan menjelaskan, jika dirinya sudah menyampaikan klarifikasi ke Bawaslu soal bantuan sembako untuk masyarakat korban bencana di selatan Kabupaten Tasikmalaya.

 

Baca : Primajasa- Mayasari Sentuh Warga Tasikmalaya Terdampak Covid-19

 

Kegiatan pembagian sembako yang dilakukan oleh Mayasari Bakti Utama Foundation kata Irwan, murni merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi korban banjir dan longsor.

"CSR ini rutin dilaksanakan Mayasari Bakti Utama Foundation ketika ada bencana, seperti gempa di Tasikmalaya tahun 2009 lalu, termasuk akhir-akhir ini ada bencana alam di Kabupaten Tasikmalaya Selatan. Bantuan tersebut tidak ada sangkut paut dengan pencalonan Azies Rismaya Mahfud sebagai bupati Tasikmalaya. Ada pilkada atau tidak, program bantuan Mayasari Foundation tetap berjalan," ujarnya.

Irwan menyebutkan, yang dipermasalahkan Bawaslu itu adalah informasi yang menyebar di media sosial. Disitu ada foto tim dari Mayasari Foundation sedang membagikan bantuan di Desa Cikukulu Kecamatan Karangnunggal yang lokasinya cukup dekat posko tim Azies-Haris.*

 

Baca : Pilkada Kehadiran Pengusaha Birokrasi dan Petahana Perlu Diwaspadai


Berita Terkait