Jika Peran Serta Masyarakat Rendah, Soal Sampah Tetap Jadi Masalah

Senin, 26 Oktober 2020 20:24 Eris Kuswara Parlemen

Jika Peran Serta Masyarakat Rendah, Soal Sampah Tetap Jadi Masalah

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Bagas Suryono mengatakan, permasalahan sampah di Kota Tasikmalaya merupakan persoalan sangat krusial yang harus dituntaskan secara bersama. Karena untuk urusan sampah ini, tidak lepas dari peran serta dan tingkat kesadaran masyarakat.

Oleh karena itu, DPRD mendorong agar dinas terkait bisa lebih gencar menyosialisasikan dampak sampah terhadap kehidupan masyarakat.

"Kami meyakini, dengan sosialisasi yang masif, nantinya akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dari permasalahan sampah. Karena, berapapun anggaran yang digelontorkan dan apapun kegiatan yang dilakukan pemerintah, jika peran serta masyarakat rendah, tetap saja tidak akan menyelesaikan masalah," kata Bagas selepas mengikuti kegiatan audiensi yang dilaksanakan di Ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (26/10/2020).

Seperti disuarakan BEM FAI Unsil Kota Tasikmalaya dalam audiensi, mereka menuntut agar Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperhatikan persampahan di daerah sungai yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Jika Peran Serta Masyarakat rendah, Soal Sampah Tetap Jadi Masalah

 

Baca : Volume Sampah di Kota Tasikmalaya Terus Meningkat

 

Selain sampah, mereka juga menyoroti permasalahan genangan air di beberapa titik di Kota Tasikmalaya. Mereka menuntut pemerintah melakukan perluasan ruang terbuka hijau serta menyelamatkan lahan-lahan sebagai daerah resapan air di Kota Tasikmalaya.

Selain ke PUPR, para mahasiswa ini juga menuntut Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pengadaan tempat pengelolaan atau tempat pembuangan sampah yang strategis di setiap daerah yang ada di Kota Tasikmalaya, melakukan pengadaan tempat sampah di berbagai pesantren baik skala kecil maupun besar, mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan, dampak dan manfaat sampah di Kota Tasikmalaya.*

 

Baca : Praktik Galian C Di Bukit Pameongan Kota Tasikmalaya Harus Ditindak


Berita Terkait