Upaya Serap Ribuan Tenaga Kerja, Fortal Luncurkan Aplikasi Go Tasikmalaya

Selasa, 27 Oktober 2020 22:38 Eris Kuswara Parlemen

Upaya Serap Ribuan Tenaga Kerja, Fortal Luncurkan Aplikasi Go Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Forum Transportasi Massal (Fortal) Tasikmalaya menggelar audiensi bersama dengan Komisi I, II, III dan IV DPRD Kota Tasikmalaya dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (27/10/2020).

Dalam audiensi yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Bagas Suryono tersebut, Fortal menginisasi dengan menghadirkan Go Tasikmalaya (Gotas) yang merupakan sebuah sistem aplikasi layanan jasa transportasi online.

Dijumpai Koropak selepas kegiatan, Dewan Pembina Fortal Tasikmalaya, Ir H Nanang Nurjamil mengatakan, aplikasi Gotas ini dibuat sebagai upaya menyerap tenaga kerja di Kota Tasikmalaya khususnya bagi masyarakat yang terkena PHK serta masyarakat yang dampak pandemi Covid-19.

"Perlu diketahui aplikasi Gotas yang akan kita luncurkan ini merupakan sebuah aplikasi yang luar biasa karya putra daerah. Selesai dari sini, kita akan audiensi ke tataran teknis. Oleh karena itu, kami mohon dukungan kepada semua pihak, semoga Gotas bisa serap tenaga kerja, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat sangat kesulitan dari sisi ekonomi," kata Nanang.

Nanang menuturkan, meskipun sudah banyak aplikasi serupa, akan tetapi pihaknya mengklaim Gotas mampu bersaing dengan aplikasi tersebut. Sebab, Gotas sendiri tak murni bisnis saja. Dikarenakan aplikasi ini juga untuk pemberdayaan, karya putra daerah dan pelaksananya pun putra daerah.

"Aplikasi ini juga saat ini sudah selesai dan menghabiskan anggaran Rp 100 juta. Mungkin kita siap running saja, namun disisi lain kami membutuhkan hal lainnya khususnya terkait sarana dan prasarananya. Selain itu, alhamdulillah juga baik DPRD maupun Pemerintah Kota Tasikmalaya juga siap mendukung apa yang dibutuhkan agar aplikasi ini segera terealisasi," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Upaya Serap Ribuan Tenaga Kerja, Fortal Luncurkan Aplikasi Go Tasikmalaya

 

Ditambahkan Nanang, dikarenakan aplikasi ini mengusung konsep pemberdayaan, sehingga Fortal Tasikmalaya pun menghitung dan mengklaim bahwa Gotas bisa menyerap sebanyak 12 ribu tenaga kerja. Karena saat ini diketahui jumlah pengangguran itu banyak akibat pandemi.

"Oleh karena itu, Gotas pun bisa berkontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan hitungan Rp 64 juta yang bisa sharing. Sebab, jika dibandingkan dengan aplikasi sekarang itu mereka tidak memberikan kontribusi apa-apa untuk Pemerintah Daerah. Namun kami insyaallah akan berkontribusi untuk PAD karena kami sadar ini juga menggunakan infrastruktur yang dibangun Pemkot Tasikmalaya," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Mamat Rahmat menuturkan, pada intinya DPRD mendukung adanya aplikasi Gotas ini. Sehingga selanjutnya pun harus ada tindaklanjutnya agar aplikasi ini bisa segera direalisasikan.

"Nantinya, DPRD sendiri akan mendorong Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk mau tidak mau harus membantu dalam perealisasian aplikasi Gotas. Karena aplikasi ini juga untuk kepentingan masyarakat, bahkan bisa membantu juga dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tasikmalaya." tutur Mamat.*

 

Baca : Dewan Dorong Pemkot Tasikmalaya Bantu Realisasi Aplikasi Go Tasikmalaya