Murjani: Pemkot Tasikmalaya Bisa Jadikan Transportasi Online GoTas Sebuah BUMD

Jum'at, 30 Oktober 2020 16:41 Eris Kuswara Parlemen

Murjani: Pemkot Tasikmalaya Bisa Jadikan Transportasi Online GoTas Sebuah BUMD


Koropak.co.id - Go Tasikmalaya (Gotas) karya putera daerah yang diinisiasi Forum Transportasi Massal (Fortal) Tasikmalaya, merupakan terobosan yang bagus, sehingga DPRD dan Pemerintah Kota Tasikmalaya akan fokus mendukungnya sehingga aplikasi transportasi online tersebut bisa segera terealisasi.

Demikian disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani, SE., MM, saat dikonfirmasi Koropak mengenai perealisasian aplikasi transportasi online, Gotas yang akan segera mengaspal di Kota Tasikmalaya, Jumat (30/10/2020).

"Tentunya baik DPRD maupun Pemkot Tasikmalaya harus mendukung aplikasi ini. Kami menilai potensi dari transportasi online saat ini sangat menjanjikan dan bisa juga dijadikan sebagai sumber baru Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tasikmalaya," kata Murjani.

Ia mengaku lebih optimis dengan keberadaan Gotas. Terlebih jika pemerintah bisa menjadikan transportasi online ini masuk dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Koperasi Milik Rakyat (Komira) dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya di dalamnya.

"Namun, ini juga perlu proses panjang, karena harus ada regulasi dan lain sebagainya. Selain itu, dikarenakan ini sudah mencapai proses akhir dan hanya tinggal running saja, jadi saran saya tinggal urus dahulu Google Drive dan langsung launching," ucapnya.

 

Baca : Koperasi Milik Rakyat Bisa Jadi Solusi Dalam Melawan Ritel Besar

 

Akan tetapi terang dia, pihaknya masih ingin berdiskusi secara khusus mengenai hal kesiapan sistem administrasi dari aplikasi Gotas itu sendiri.

Menanggapi aplikasi Gotas mampu menyerap 12 ribu tenaga kerja dan meningkatkan PAD, pihaknya menilai hal itu sangat memungkin terjadi, karena nantinya masyarakat bisa menjadi driver baik untuk kendaraan roda empat ataupun roda dua. Bahkan pihaknya mengklaim saat di-launching nanti, pasti akan banyak peminat yang mendaftar meskipun saat ini sudah banyak operator lain.

"Meskipun tidak sampai 12 ribu, minimal pastinya akan ada penambahan. Tentunya ini sangat positif, bahkan kemarin pimpinan juga merespons dengan sangat baik. Apalagi saya sebagai anggota Komisi II, banyak bersentuhan langsung dengan ekonomi keuangan dan saat ini harus cepat take action untuk setiap peluang yang ada," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Murjani Pemkot Tasikmalaya Bisa Jadikan Transportasi Online GoTas Sebuah BUMD

 

Baca : Dewan Dorong Pemkot Tasikmalaya Bantu Realisasi Aplikasi Go Tasikmalaya

 

Adapun terkait masih adanya kendala anggaran dalam perealisasian Gotas ini, Murjani menilai itu merupakan hal yang wajar. Sehingga pihaknya menyarankan untuk mencoba menjalankan saja terlebih dahulu aplikasi Gotas tersebut, sembari terus dilalukan penyempurnaan. Karena, jika menunggu suntikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diperlukan proses yang tidak sederhana.

"Untuk masalah kantor dan hal lainnya, kami menyarankan bisa nebeng atau ikut dulu sesuai dengan kekuatan keuangan pengurus. Dinas Perhubungan juga sudah siap dengan tempat yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar kantor sementara, atau bisa di rumah juga dulu," ucapnya.

Ia menilai, Gotas merupakan ide cemerlang dan murni dari anak Kota Tasikmalaya. Ini juga bisa dijadikan sebagai opportunity business untuk mendorong pemulihan ekonomi saat ini yang terdampak Covid-19 yang menurunkan daya beli sehingga pertumbuhan ekonomi melambat.*

 

Baca : Upaya Serap Ribuan Tenaga Kerja, Fortal Luncurkan Aplikasi Go Tasikmalaya


Berita Terkait