Gempa Bumi Berkekuatan 7.0 Skala Richter Guncang Turki dan Yunani

Sabtu, 31 Oktober 2020 12:40 Eris Kuswara Nasional

Gempa Bumi Berkekuatan 7.0 Skala Richter Guncang Turki dan Yunani

 

Koropak.co.id - Dunia berduka, gempa berkekuatan 7,0 skala ritcher mengguncang negara Turki dan Yunani pada Jumat (30/10/2020). Saking kuatnya, gempa bumi tersebut hingga mengakibatkan kerusakan parah di kedua negara tersebut.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara mengatakan, sejauh ini tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang dikabarkan menjadi korban gempa di 7 wilayah Aegea, Turki pada Jumat waktu setempat.

"Sejauh ini tidak ada laporan bahwa WNI telah menjadi korban jiwa dari dampak gempa tersebut," katanya sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (31/10/2020).

Hingga saat ini, KBRI Ankara dan Satgas Perlindungan WNI di Turki masih terus mengumpulkan informasi dari simpul-simpul masyarakat Indonesia di wilayah yang terdampak gempa.

 

Baca : Israel di Balik Gempa Palu, Inspiratif

 

Selain Izmir, terdapat beberapa kota lain yang terkena imbas gempa bumi tersebut di antaranya Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin, dan Mugla. Gempa bumi yang terjadi di Turki dan Yunani ini setidaknya menewaskan 23 orang dan lebih dari 800 orang terluka.

"Selain itu, gempa tersebut dapat menyebabkan tsunami kecil di Seferihisar" ujar Kepala Teknisi Geologi Turki, Huseyin Alan .* (Khairunisa)

 

Baca : Dentuman Suara Misterius, Apakah Pertanda Tsunami?

 


Berita Terkait