Para Ibu PKK Diajarkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Hidroponik

Jum'at, 06 November 2020 22:07 Adin Wardini Desa

Para Ibu PKK Diajarkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Hidroponik

 

Koropak.co.id - Salah satu uapaya melestarikan lingkungan hidup, masyarakat Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, menggelar kegiatan belajar berkebun secara hidroponik bersama ibu-ibu Pembina Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan penyuluh Pertanian Kelurahan Tawangsari, Jumat (6/11/2020).

Lurah Tawangsari, Rohman S.IP mengatakan, hingga saat ini banyak orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya mengandalkan belanja di pasar, toko atau supermarket. Dengan kegiatan seperti ini, setidaknya mereka menyadari bahwa kebutuhan sehari-hari itu bisa dihasilkan di sekitar lingkungan rumah sendiri.

"Dengan adanya kegiatan belajar berkebun secara hidroponik, warga diharapkan bisa menerapkannya di rumah masing-masing. Karena, tanaman yang dihasilkan nantinya juga bisa menjadi suatu kebutuhan pangan sehari-hari. Secara tidak langsung dengan memanfaatkan lahan rumah, bisa dijadikan sebagai upaya mewujudkan kelestarian lingkungan masyarakat," kata Rohman.

 

Baca : Anggota Dewan Dampingi Petani Milenial Berinovasi, Kembangkan Sayuran Hidroponik

 

Para Ibu PKK Diajarkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Hidroponik (2)

 

Lihat : Bisnis Manis Si Manisan Sayuran Karya Gema Madani Simpati

 

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Kelurahan Tawangsari, Yosep Yustiana mengatakan, kegiatan pembelajaran bertanam ini agar ibu-ibu memiliki wawasan atau ilmu tentang budidaya pertanian berskala rumahan.

"Dengan pemanfaatan barang bekas seperti wadah air mineral dengan menggunakan hidroponik sistem wick atau sistem yang tergenang air, kita bisa belajar mengenai bagaimana memelihara tanaman dengan peralatan yang sederhana dan tidak menggunakan tanah. Kami akan memberikan cara-cara sederhana dalam berkebun dengan lahan seadanya kepada masyarakat," kata Yosep.

Ketua Kader PKK Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya, Enur Nurjanah menuturkan, pembelajaran hidroponik ini, sangat berarti bagi kaum perempuan dalam kehidupan menuju masyarakat sejahtera.

"Saya sangat bahagia dengan adanya pembelajaran yang digerakan Lurah Tawangsari ini. Meskipun kegiatan berkebun ini dilakukan secara sederhana, akan tetapi bisa menjadi titik awal meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan Kelurahan Tawangsari," Kata Enur.*

 

Lihat : Kelurahan Tawangsari Gelar Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan