Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Kader Posyandu

Jum'at, 13 November 2020 21:01 Adin Wardini Desa

Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Kader Posyandu


Koropak.co.id - Puskesmas Kelurahan Tawangsari menggelar kegiatan pembinaan kader Posyandu yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya dengan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Imunisasi Dasar pada bayi, Jumat (13/11/2020).

Kegiatan yang diikuti masyarakat dari 11 RW merupakan agenda Kelurahan yang telah bekerjasama dengan Puskesmas untuk meningkatkan gizi pada balita dengan memberikan stimulan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terutama untuk balita yang kekurangan gizi.

Lurah Tawangsari, Rohman, S.IP mengatakan, kegiatan pembinaan kader kesehatan Posyandu ini merupakan agenda rutin yang erat kaitannya dengan menggelorakan kembali perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat.

"Ini agenda rutin yang dilaksanakan bersama kader kesehatan. Pembinaan ini dilaksanakan sebagai pengingat agar kader posyandu tetap bisa menerapkan PHBS ketika mereka menggelar kegiatan posyandu. Terlebih selama masa pandemi Covid-19 ini," kata Rohman.

 

Kelurahan Tawangsari Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan Kader Posyandu (2)

 

Ditambahkan, dalam kegiatan pembinaan ini, pihak Puskesmas sebagai pemateri menyampaikan hal-hal berkaitan imunisasi sebagai sarana dan prasarana kesehatan untuk balita berumur 1 hingga 2 tahun, agar bisa di imunisasi lengkap mulai dari tahap awal imunisasi hingga akhir.

"Kami juga turut melaksanakan Pemantauan Status Gizi (PSG) dan neonatus sebagai hal yang utama untuk diberikan kepada ibu hamil yang mengandung sembilan bulan dengan imunisasi MR. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella," ucapnya.

Dengan diadakannya kegiatan pembinaan tersebut, diharapkan para kader yang mengikuti kegiatan bisa menambah ilmunya. Agar nantinya mereka bisa menyampaikan materi yang disampaikan kali ini kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat pun bisa sadar mengenai hidup sehat.*

 

Baca : Kematian Ibu Melahirkan dan Bayi di Kota Tasikmalaya Meningkat, Hingga 18 Kasus