Kerawanan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19 Jadi Sorotan

Selasa, 17 November 2020 12:12 D. Farhan Kamil Daerah

Kerawanan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19 Jadi Sorotan


Koropak.co.id - Menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2020, Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Bidang Keamanan, menggelar rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), SKPD, KPU, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya di Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (16/11/2020).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat Drs. M.A Afriandi, MT itu, dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang aman, tentram, tertib, dan damai.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Dr. Hening Widiatmoko, MA mengatakan, rapat koordinasi ini patut diapresiasi serta mendapat dukungan, karena bidang keamanan memiliki peran strategis, sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam penyelenggaraan Pilkada.

"Keamanan tidak sekedar bebas dari ancaman gangguan Kamtibmas, namun juga bagaimana Pilkada serentak ini terbebas dari risiko penularan Covid-19. Maka selain faktor mutu penyelenggaraan Pilkada, partisipasi pemilih, peserta Pilkada, fasilitasi dari Pemda dan faktor pengawasan Pilkada, keamanan ini menjadi kunci sukses penyelenggaraan Pilkada serentak di Kabupaten Tasikmalaya," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Kerawanan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19 Jadi Sorotan

 

Baca : Kerawanan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Ada di Level 5, Rawan Tingkat Tinggi!

 

Untuk itu lanjut dia, hari ini adalah saat untuk lebih merapatkan barisan, meningkatkan komunikasi dan koordinasi, menguatkan sinergitas dan harmonisasi antara pemerintah daerah dan unsur penyelenggara Pilkada (KPU dan Bawaslu), TNI dan Polri, serta unsur masyarakat lainnya.

"Pemerintah daerah dan seluruh stakeholder bertangung jawab terhadap penyelenggaraan Pilkada yang aman baik dari risiko penularan Covid-19 ataupun dari berbagai resiko potensi kerawanan Pilkada lainnya seperti bencana alam," ujarnya.

Yang jelas terang dia, Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya sifatnya membantu pihak penyelenggara pemilu mewujudkan Pilkada yang berintegritas.*

 

Baca : KPU Ingatkan Pemilih Untuk Memakai Masker dan Membawa Pulpen Saat Ke TPS


Berita Terkait