Badan Jalan di Salopa Tasikmalaya Retak Akibat Pergerakan Tanah

Jum'at, 20 November 2020 22:57 D. Farhan Kamil Daerah

Badan Jalan di Salopa Tasikmalaya Retak Akibat Pergerakan Tanah


Koropak.co.id - Setelah diterpa sederet bencana alam longsor di wilayah Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya, kini masyarakat di beberapa desa di Salopa diresahkan dengan kondisi jalan kabupaten yang retak dan terus bergeser menganga seiring dengan tingginya curah hujan di wilayah tersebut, tepatnya di Kampung Cilopang Desa Banjarwaringin Kecamatan Salopa.

Retakan besar memanjang dan membelah jalan raya kabupaten yang tepat berada di perbatasan Kecamatan Jatiwaras dan Salopa itu, kian mengkhawatirkan para pengguna kendaraan yang melintas lokasi tersebut, karena sesekali bisa amblas saat turun hujan. Diduga keretakan jalan akibat ada aliran air tanah di bawah badan jalan.

"Kami menduga ada aliran air tanah di bawah jalan. Jika tidak segera diantisipasi maka kami khawatir jalan ini akan belah atau amblas karena agregat jalan tergerus air dan terbawa ke samping jalan yang kondisinya tebing setinggi sekitar 30 meter, atau ketika ada hujan besar bisa jadi lebih parah. Jalan ini vital karena menghubungkan dua kecamatan yakni Jatiwaras dan Salopa dan beberapa desa arah ke wilayah Kota Tasikmalaya. Intensitas kendaraan yang melintas jalan tersebut cukup tinggi," kata tokoh masyarat Salopa, Jajang NM, Jumat (20/11/2020).

 

Baca : Akibat Longsor, Jalan Salopa-Cikatomas Tasikmalaya Sempat Lumpuh

 

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan terutama dari luar daerah kata Jajang, tanpa ada instruksi dari manapun, sejumlah pemuda sudah beinisiatif untuk mengatur laku kendaraan. "Bahkan mereka kerap piket hingga malam hari. Itupun jika cuaca tidak hujan," ujarnya.

Ia berharap ada penanganan khusus untuk jalan tersebut sebelum terjadi hal-hal lebih parah dan mengancam keselamatan para pengguna jalan raya tersebut.

"Khawatir kalau di malam hari ada kendaraan yang melintas jalan itu, dengan bobot besar. Apalagi jika pengemudinya tidak tahu kondisi. Kami sih berharap tidak ada kecelakaan," ucapnya.*

 

Baca : Situasi Genting, Akses Kesehatan Masyarakat Salopa Tasikmalaya Lumpuh  


Berita Terkait