Dewan Tinjau Aset Lahan Milik Pemprov Jabar di Kiarapayung Sumedang

Sabtu, 21 November 2020 21:28 Dede Hadiyana Parlemen

Dewan Tinjau Aset Lahan Milik Pemprov Jabar di Kiarapayung Sumedang

 

Koropak.co.id - Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Mirza Agam Gumay mengatakan, Keberadaan lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang yang sebagian tengah dibangun untuk perumahan dan jalan tol, akan tetap diproyeksikan menjadi kawasan konservasi alam.

Hal tersebut diutarakan Mirza di sela-sela kegiatan peninjauan lahan di Jatinangor miliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jumat (20/11/2020).

"Kami masih sepakat bahwa lahan-lahan hijau nan asri ini, untuk konservasi alam sesuai dengan perencanaan awal dan rencana tata ruang sebelumya. Walaupun pada kenyataannya sudah ada penggunaan untuk jalan tol. Itu tidak bisa dihindari karena merupakan proyek nasional," ujarnya.

 

Dewan Tinjau Aset Lahan Milik Pemprov Jabar di Kiarapayung Sumedang (2)

 

Baca : WJIS 2020, Bantu Pulihkan Ekonomi Jawa Barat di Masa Pandemi Covid-19

 

Menurutnya, jika lahan-lahan asri ini tidak dibiarkan menghijau atau dilakukan penghijauan, ia khawatir kemudian terjadi bencana alam di wilayah Kecamatan Jatinangor, mengingat lokasinya yang berada di dataran tinggi.

"Ini kan daerah yang cukup tinggi, maka diperlukan penahan air dan penahan tanah. Jangan sampai nantinya wilayah bawah yang terkena dampak bencananya," ucapnya.

Pihaknya akan fokus kepada upaya penataan bersama pihak eksekutif, agar lahan yang diproyeksikan menjadi lahan konservasi dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal seperti rencana semula.

"Tata ruang ini ternyata sebagian sudah menjadi perumahan dan diusahkan jangan menambah lagi. Ini harus jadi keputusan bersama, karena provinsi masih tetap mempertahankan aset ini menjadi konservasi dan yang menyentuh konservasi alam ini bukan siapa-siapa, selain kita sendiri," ucapnya.*

 

Baca : DPRD Jawa Barat Soroti Rencana Pembangunan Creative Center di Cirebon

 


Berita Terkait