Polres Tasikmalaya Kota Beberkan Peta Kerawanan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

Rabu, 25 November 2020 11:51 D. Farhan Kamil Pilkada

Polres Tasikmalaya Kota Beberkan Peta Kerawanan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Shohet, SH., MH mengatakan, pihaknya telah memetakan kerawanan pada Pilkada Serentak Kabupaten Tasikmalaya di 13 kecamatan dan 112 desa di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota.

Dari total luas wilayah 565.74 meter persegi yang ada di 13 kecamatan tersebut, tercatat ada 401.479 pemilih yang tersebar di 1.169 TPS dalam wilayah hukum 12 Polsek dan 1 Pospol.

"Selain bencana alam berupa banjir dan longsor yang hampir terjadi di sebagian besar kecamatan, kami telah memetakan kerawanan penyebaran pandemi Covid-19 yang hingga kini angka kasusnya masih tinggi terutama di beberapa kecamatan di wilayah utara Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk kemungkinan adanya beberapa TPS yang menjadi titik konsentrasi kedatangan pemilih yang datang dari luar daerah di zona merah," kata Shohet dalam acara rapat kesiapan 15 hari menjelang pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Tasikmalaya, yang diselenggarakan di Gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (24/11/2020).

Dari pemetaan tersebut menjadi dasar dalam menyiapkan personel tanggap bencana alam dan non alam, termasuk langkah mempertebal pengaman (Pam) di beberapa titik konsentrasi.

Dari pemetaan itu juga kata Shohet, dapat diambil tiga kategori TPS yakni TPS aman, rawan dan sangat rawan. Di mana untuk TPS aman ada 1.157 TPS, kemudian 10 TPS rawan dan 2 TPS sangat rawan.

 

Polres Tasikmalaya Kota Beberkan Peta Kerawanan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya (2)

 

Baca : Ada Seratus Lebih TPS Blank Spot Jaringan Internet di Kabupaten Tasikmalaya

 

Yang dimaksud sangat rawan adalah, kategori TPS yang secara geografis sangat sulit ditempuh akibat bencana alam dan terpisah dari TPS lainnya. Kemudian, masyarakatnya yang kurang kooperatif dan cenderung anarkis, tingginya angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan adanya upaya gagalkan pemilu.

Ditambahkan, jumlah personel Polri yang dilibatkan dalam pam Pilkada serentak ini, sebanyak 746 orang yang akan diperkuat 95 personel TNI dan 110 personel atau 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Polres Garut untuk diploting masing-masing 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) di tiga titik konsentrasi yaitu Polsek Ciawi, Polsek Cisayong dan Polsek Manonjaya.*

 

Baca : Kendala Jaringan Internet di TPS, KPU Akan Berkoordinasi Dengan Diskominfo


Berita Terkait