Dinas KUKMP dan Dekranasda Kabupaten Ciamis Gelar Pelatihan Batik Tulis

Rabu, 25 November 2020 17:43 Eris Kuswara Daerah

Dinas KUKMP dan Dekranasda Kabupaten Ciamis Gelar Pelatihan Batik Tulis

 

Koropak.co.id - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Dekranasda, menggelar Pelatihan Batik Tulis dan Cap dengan mengusung tema "Motif Ciamis-an". Pelatihan dilaksanakan di Gedung Dekranasda Kabupaten Ciamis, Senin (23/11/2020). Kegiatan yang digelar selama lima hari itu diikuti sebanyak 25 peserta dari pelaku UKM dan para pengrajin batik di Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis, David Firda, SH., MM., mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian para pengrajin batik. Sehingga, mereka dapat meningkatkan kualitas, kapasitas dan daya saing.

"Perlu diketahui bahwa industri batik tulis di Ciamis ini pernah mengalami masa kejayaan yakni pada tahun 1960 hingga 1980-an. Saat itu, terdapat 1.200 pengrajin batik dan 421 pengrajin yang tergabung di koperasi rukun batik. Koperasi tersebut mampu memenuhi segala kebutuhan usaha para pengrajin batik, mulai dari bahan baku hingga pemasaran produk," tutur David.

 

Dinas KUKMP dan Dekranasda Ciamis Gelar Pelatihan Batik Tulis

 

Baca : Indonesia Jadi Negara Tempat Pertama Lahir Batik

 

Selain itu kata dia, dulu pemasaran batik Ciamis itu dapat menjangkau hingga Surabaya, Semarang, Samarinda, Banjarmasin dan Makassar. Namun, kemudian terjadi penurunan produksi industri batik seiring berkembangnya industri batik cetak, yakni sekitar tahun 1980-an. Di mana saat itu, harga batik cetak lebih murah dibandingkan batik tulis.

"Kemerosotan industri batik Ciamis mencapai puncaknya, saat dihantam badai krisis ekonomi pada tahun 1997. Saat itu, hanya beberapa pengrajin saja yang tetap bertahan di industri batik hingga saat ini. Untuk karena itu, dengan pelatihan ini kami berharap para pengrajin batik di Kabupaten Ciamis dapat terus berkarya dalam rangka menumbuhkembangkan batik Ciamis-an seiring dengan perkembangan zaman," paparnya.

 

Baca : Jangan  Sembarangan Batik Hanya Boleh Dipakai Raja dan Bangsawan

 

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Ciamis, Hj Kania Ernawati, S.Sos.,M.Si juga mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan batik tulis. Bahkan Dekranasda sebagai mitra pemerintah mengharapkan kegiatan tersebut menjadi jembatan bagi masyarakat untuk bisa mengenal lebih luas mengenai industri batik.

"Kami berharap ilmu yang diperoleh oleh para peserta ini bisa dipraktikan dalam meningkatkan usahanya serta meningkatkan daya saing produk, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomiannya," tuturnya.*

 

Baca : Pelanggan Tepat Bayar PDAM Tirta Galuh Ciamis Bagi-bagi Hadiah

 


Berita Terkait