Mengenal Jenis-jenis Dongeng, Pengertian dan Ciri-ciri Beserta Contohnya

Kamis, 26 November 2020 16:40 Eris Kuswara Nasional

Mengenal Jenis-jenis Dongeng, Pengertian dan Ciri-ciri Beserta Contohnya

 
Koropak.co.id - Dongeng merupakan sebuah kisah yang sering ditujukan untuk anak-anak dan menampilkan tokoh-tokoh fantastis dan menakjubkan seperti peri, goblin, penyihir, maupun hewan yang dipersonifikasi. Selain itu, dongeng juga sering bersifat tradisional, serta banyak yang diturunkan dan diceritakan dari mulut ke mulut sebelum benar-benar ditulis dalam sebuah buku cerita.

Dalam momentum peringatan Hari Dongeng Nasional pada 28 November 2020 mendatang, banyak sekali kisah yang mungkin orangtua, kakek atau nenek ceritakan kepada kalian yang juga merupakan dongeng. Misalnya, Kisah Bawang Putih dan Bawang Merah, Timun Mas hingga Tangkuban Perahu. Dongeng juga memiliki berbagai jenis dan berikut jenis-jenis dongeng sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (26/11/2020).

1. Mitos
Mitos merupakan sebuah dongeng yang menceritakan tentang suatu kekuatan gaib seperti makhluk halus, setan, jin ataupun dewa dan dewi. Contoh dongeng mitos ini seperti dongeng Dewi Sri dan Nyi Roro Kidul.

2. Legenda
Legenda merupakan cerita rakyat yang dianggap oleh pemilik cerita sebagai suatu kejadian yang benar-benar pernah terjadi. Berbeda dengan mitos, untuk legenda ini bersifat sekuler atau keduniawian. Untuk contoh dari legenda seperti legenda Banyuwangi, malin kundang, legenda Danau Toba hingga Candi Prambanan.

3. Fabel
Fabel merupakan cerita singkat yang berisi ajaran moral dengan tokoh binatang yang memiliki sifat seperti manusia contohnya yaitu kisah Si kancil.

 

Baca : Hari Dongeng Nasional Setiap Tanggal 28 November, Begini Ceritanya

 

4. Hikayat
Hikayat adalah jenis cerita rekaan dalam sastra Melayu lama yang menggambarkan keagungan dan kepahlawanan. Selain itu, terkadang hikayat ini juga bercerita tentang sejarah atau riwayat hidup. Contoh dari hikayat yaitu Hikayat Si Miskin dan Hikayat Hang Tuah.

5. Sage
Sage merupakan cerita yang berdasarkan peristiwa sejarah yang telah menyatu dengan fantasi masyarakat. Untuk contoh sage yaitu Kebo Iwa.

6. Parabel
Parabel adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan. Contoh dari parabel yaitu Kisah Para Nabi dan lainnya.

7. Dongeng Jenaka
Dongeng jenaka adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing ceritanya dilukiskan secara humor. Contoh dari dongeng jenaka ini yaitu Lebai Malang, Pak Belalang, dan lainnya.*

 

Baca : Manfaat Dongeng Untuk Anak, Salah Satunya Berani Hadapi Masa-masa Sulit


Berita Terkait