Manfaat Dongeng Untuk Anak, Salah Satunya Berani Hadapi Masa-masa Sulit

Kamis, 26 November 2020 18:36 Eris Kuswara Nasional

Manfaat Dongeng Untuk Anak, Salah Satunya Berani Hadapi Masa-masa Sulit


Koropak.co.id - Peringatan Hari Dongeng Nasional akan diperingati pada 28 November 2020. Berbicara mengenai dongeng, memiliki berbagai fungsi mulai dari sebagai sarana hiburan atau pelipur lara, pendidikan, mewariskan nilai-nilai, protes sosial, bahkan juga sebagai proyeksi dari keinginan yang terpendam. Dongeng juga memiliki unsur-unsur penting yang erat kaitannya dengan pengembangan dalam fiksi anak.

Unsur-unsur yang dimiliki dongeng ini meliputi tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya dan tone serta, moral. Selain itu, dongeng juga memiliki berbagai manfaat bagi anak. Oleh karena itu, berikut manfaat dongeng bagi anak sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (26/11/2020).

1. Merangsang kekuatan berpikir
Perlu diketahui bahwa dongeng itu dipenuhi dengan petualangan, binatang yang bisa bicara, dan makhluk ajaib dari segala jenis. Sehingga, ketika kalian membacakan dongeng untuk anak-anak, maka secara tidak langsung kalian merangsang imajinasi mereka dan membantu mereka dalam mengembangkan kreativitas. Kreativitas tersebut nantinya akan membantu mereka berpikir di luar kebiasaan, memecahkan masalah, dan berpikir kritis.

 

2. Media yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai
Membacakan dongeng atau mendongeng untuk anak-anak itu tidak hanya sebagai dasar untuk pengembangan literasi saja, akan tetapi juga turut memberikan penekanan pada berbagai nilai dan perilaku lintas budaya.

 

Baca : Hari Dongeng Nasional Setiap Tanggal 28 November, Begini Ceritanya

 

3. Menumbuhkan minat baca
Manfaat berikutnya yang dari membaca dongeng untuk anak adalah mereka nantinya akan dapat mengembangkan kecintaannya terhadap buku. Membaca juga akan mengajarkan kosakata baru kepada anak-anak, meningkatkan imajinasinya, meningkatkan proses kreatif dan menjadikan mereka sebagai pelajar yang lebih baik secara keseluruhan.

 

4. Menumbukan rasa empati
Dongeng juga ternyata dapat mengajarkan pelajaran tentang benar dan salah, mengatasi masalah dan mengatasi ketakutan. Akan tetapi dengan sedikit eksplorasi dan pertanyaan yang tepat, terkadang bisa juga menjadi batu loncatan untuk memahami emosi. Bahkan turut membantu generasi berikutnya untuk tumbuh hingga menjadi manusia yang lebih baik dan lebih berempati.

 

5. Membangun ketahanan emosional
Perlu diketahui bahwa dunia ini tidak terbuat dari permen kapas, sinar matahari, dan pelangi. Sebagai orang dewasa, tentunya mengetahui bahwa hal-hal baik atau buruk dapat terjadi pada semua orang. Oleh karena itu, anak-anak harus memahami hal itu dan belajar untuk tidak takut menghadapi masa-masa sulit.*

 

Baca : Mengenal Jenis-jenis Dongeng, Pengertian dan Ciri-ciri Beserta Contohnya

 


Berita Terkait