Awal Tahun 2021, Pemkot Tasikmalaya Akan Lakukan Rotasi dan Mutasi ASN

Kamis, 26 November 2020 19:43 Eris Kuswara Daerah

Awal Tahun 2021, Pemkot Tasikmalaya Akan Lakukan Rotasi dan Mutasi ASN

 

Koropak.co.id - Plt Walikota, Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs H Muhamad Yusuf mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rotasi dan mutasi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Tasikmalaya. Dan sejumlah jabatan eselon II yang saat ini mengalami kekosongan, akan segera diisi.

Hal itu dilakukan karena menyesuaikan dengan perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru di sejumlah instansi, yang efektif pada Januari 2021 mendatang.

Menurutnya, Pemkot Tasikmalaya saat ini masih melihat penyesuaian SOTK baru dan merunut sejumlah kepala dinas yang akan memasuki masa pensiun.

"Pada intinya bulan Januari nanti, jabatan yang kosong harus sudah terisi, sesuai SOTK baru. Jadi pada awal Januari, kami akan mengadakan pergeseran. Sementara untuk sisa jabatan yang kosong akan dilakukan pengisian melalui Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau open bidding," kata Yusuf.

Dalam hal ini lanjut dia, Pemkot Tasikmalaya sudah meminta persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait rencana pergeseran jabatan tersebut. Bahkan pihaknya sudah meminta restu kepada pemerintah provinsi juga pusat untuk bisa melantik pejabat di sejumlah posisi strategis.

“Kebutuhan eselon II itu banyak, belum lagi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) pada Maret 2021 mendatang akan pensiun dan sudah ada SK-nya. Maka kemungkinan untuk open bidding-nya akan kami gelar sekalian nanti,” ucapnya.

 

Baru : Pansus DPRD Kota Tasikmalaya dan Pemkot Bahas Perubahan SOTK

 

Ia menegaskan, setelah Ada pergeseran itu, nantinya akan terlihat jabatan mana saja yang perlu di-open bidding-kan. “Secara otomatis nanti akan ada rotasi, mutasi dan promosi. Bahkan di setda juga akan ada beberapa bagian yang ganti nomenklatur. Beberapa dinas juga ada yang harus dikukuhkan lagi karena SOTK baru. Seperti Dinas Perwaskim yang bidangnya berkurang dan secara otomatis harus dikukuhkan lagi,” terangnya.

Ia pun menyebutkan, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Tasikmalaya masih dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt). Di antaranya Dinas Sosial, Dinas Perwaskim, Badan Kesbangpol, Inspektorat dan Asda I.*

 

Baca : Hasil Evaluasi Kinerja, Walikota Tasikmalaya Mutasi Ratusan Pejabat


Berita Terkait