Hasil Rapid Test, Puluhan Pengawas Adhoc Bawaslu Reaktif Covid-19

Sabtu, 28 November 2020 09:22 D. Farhan Kamil Pilkada

Hasil Rapid Test, Puluhan Pengawas Adhoc Bawaslu Reaktif Covid-19

 

Koropak.co.id - Menyusul rapid test (RDT) serentak atau pemeriksaan cepat yang dilakukan terhadap ribuan pengawas adhoc Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, antara lain Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Bawaslu merisil jumlah pengawas yang reaktif RDT.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, R Setia Surya mengatakan, berdasarkan laporan dari masing-masing tim satgas Covid-19 puskesmas kecamatan, dari totoal 4.403 pengawas adhoc di kecamatan hingga TPS, tercatat ada 40 orang yang reaktif RDT.

"Mereka yang reaktif ini tersebar di 15 kecamatan dan semua akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab oleh tim satgas masing-masing puskesmas kecamatan dan tim satgas Dinas Kesehatan dibawah monitoring tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya," kata R Setia, Jumat (27/11/2020).

Yang terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab PCR bagi pengawas di level Panwascam dan PKD terang R Setia, secara otomatis wajib melakukan isolasi mandiri. Dan seluruh tugas pengawasannya ditangani oleh rekan Panwascam lainnya termasuk juga meng-handle PKD selama menjalankan isolasi mandiri untuk selama maksimal 14 hari.

"Adapun bagi PTPS yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab, maka dilakukan penggantian orang atau PAW. Kita sudah punya cadangan satu orang yang sudah terdaftar di Bawaslu," tuturnya.

 

Baca : Percayalah Kasus Positif Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Kian Jaya

 

Ditambahkan, untuk pelaksanaan swab tes, disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan tim gugus kecamatan atau puskesmas. "Untuk Kecamatan Jatiwaras sudah dilaksanakan kemarin. Itu kami ketahui berdasarkan laporan dari tim gugus tugas," ujarnya.

Melalui pemeriksaan cepat atau RDT dan swab bagi para pengawas ini, juga tentunya menjadi data penting bagi tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya dalam memetakan sebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, sebagai dasar dan pertimbangan dalam mengambil langkah tepat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.*

 

Baca : Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Gelar Rapid Test Serentak di Seluruh Kecamatan


Berita Terkait