Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Ikuti Rakor Evaluasi Pilkada Bersama Gubernur

Sabtu, 28 November 2020 10:33 Dede Hadiyana Daerah

Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Ikuti Rakor Evaluasi Pilkada Bersama Gubernur

 

 

Koropak.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Persiapan Pelaksanaan dan Deklarasi Pilkada Serentak Tahun 2020 yang berkualitas, bersinergitas, dan patuh protokol kesehatan Covid-19 bersama Gubernur Jawa Barat secara virtual, di Desk Pilkada Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (27/11/2020).

Kegiatan rakor secara virtual tersebut, diikuti oleh Assisten Pemerintahan H Ahmad Muksin, Ketua Bawaslu, Komisioner KPU, perwakilan SKPD, termasuk Desk Pilkada di delapan daerah di Jawa Barat lainnya, yang menggelar Pilkada serentak tahun 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, agar para kepala daerah dapat mengantisipasi kondisi terburuk dalam mengahadapi pandemi Covid-19.

"Upaya-upaya ini harus dilakukan di antaranya edukasi secara terus menerus, tingkat partisipasi masyarakat diupayakan bisa lebih baik, perhitungan suara diupayakan lebih cepat, antisipasi kebencanaan, penyelenggara Pilkada diupayakan di tes dengan antigen, serta anggaran harus dituntaskan," ujarnya.

Pihaknya terang dia, berkomitmen untuk menjaga gelaran Pilkada Serentak 2020 berjalan dengan aman dan nyaman agar tidak adanya rasa khawatir dari masyarakat Jawa Barat.

"Kami juga sudah menginstruksikan para Pjs Bupati dan Walikota agar mengantisipasi hal-hal terburuk jika memang terjadi lonjakan. Rumah sakit atau pusat isolasi harus sudah dipersiapkan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

 

Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Ikuti Rakor Evaluasi Pilkada Bersama Gubernur (1)

 

Baca : Hasil Rapid Test Puluhan Pengawas Adhoc Bawaslu Reaktif Covid-19

 

Disamping itu, kata Kang Emil, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat pun telah diinstruksikan untuk mencegah adanya kontak fisik selama pelaksanaan pencoblosan.

"Usai pencoblosan nanti, tidak ada celupkan jari ke dalam tinta, tapi diteteskan. Selain itu juga semua petugas wajib menjalani Rapid Test. Hal ini sebuah contoh bahwa Jawa Barat sangat serius menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020," ucapnya.

Sementara itu, di waktu yang sama Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tasikmalaya Dr. Hening Widiatmoko, MA., menghadiri kegiatan tersebut dan menyampaikan laporan secara langsung di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Adapun delapan daerah di Jawa Barat yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 diantaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, termasuk Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca : Pol PP Kabupaten Berduka, Dua Anggota Dinyatakan Terkonfirmasi positif Covid-19