Momentum Hari Dongeng Nasional, Film Ini Diadaptasi Dari Dongeng

Minggu, 29 November 2020 16:19 Eris Kuswara Nasional

Momentum Hari Dongeng Nasional, Film Ini Diadaptasi Dari Dongeng

 

Koropak.co.id - Bertepatan dengan Hari Dongeng Nasional yang diperingati Sabtu (28/11/2020) bukan menjadi rahasia lagi apabila berbagai film khususnya film animasi menjadi salah satu genre film yang paling banyak digemari. Karena, selain menghadirkan karakter yang beragam, film animasi juga menghadirkan kisah-kisah yang menarik.

Selain itu, dari banyaknya film animasi, tidak sedikit juga film animasi bahkan film live-action yang mengangkat cerita menarik dari dongeng klasik yang populer pada masa-nya. Berikut rekomendasi film yang diadaptasi dari dongeng klasik populer sebagaimana dihimpun Koropak, Minggu (29/11/2020).

1. Tangled
Masih ingat dengan film animasi yang mempunyai ciri khas putri dengan rambut panjang? Ya, Tangled merupakan film animasi yang diadaptasi dari cerita dongeng Rapunzel karya Grimm bersaudara. Sama seperti cerita dongengnya, film animasi ini mengisahkan seorang gadis berambut panjang bernama Rapunzel yang hidup dalam menara.

 

2. Cinderella
Siapa sih yang nggak kenal dengan Cinderella? Kisah gadis cantik yang diperlakukan secara nggak adil oleh ibu dan kedua saudara tirinya ini memang sudah berkali-kali diangkat menjadi sebuah film, mulai dari film kartun hingga live action.

 

3. Red Riding Hood
Selain "Cinderelle", ada juga film "Red Riding Hood" yang turut diambil dari dongeng klasik asal Eropa yang memiliki judul asli "Little Red Riding Hood". Diperkirakan kisah ini pertama kalinya dirilis pada abad ke-17 oleh Charles Perrault dan diceritakan kembali oleh Brothers Grimm.

 

4. Hansel and Gretel : Witch Hunters
Kisah dalam film "Hansel and Gretel : Witch Hunters" yang dirilis pada tahun 2013 lalu ini ternyata diadaptasi dari dongeng klasik Jerman karya Brothers Grimm yang dipublikasikan pada tahun 1812 lalu. Selain film, dongeng ini juga sudah diadaptasi dalam berbagai media termasuk pertunjukan opera "Hansel and Gratel" pada tahun 1893 oleh Engelbert Humperdinck.

 

5. Snow White And The Huntsman
Tokoh Snow White ini pertama kalinya diangkat ke layar lebar oleh Disney pada tahun 1937. Selain itu, pada tahun 1812 lalu, cerita asli dari "Snow White and the Seven Dwarfs" diterbitkan oleh Brothers Grimm. Kemudian, kisah Putri Salju ini juga kembali diadaptasi oleh Roth Films melalui filmnya yang berjudul "Snow White And The Huntsman" dengan berbagai sentuhan modern.

 

6. Frozen
Kisah kakak beradik Elsa dan Ana dalam film Frozen ini ternyata diadaptasi dari sebagian cerita dongeng The Snow Queen. Meskipun memiliki jalan ceritanya yang tidak semua sama, akan tetapi film animasi produksi Walt Disney ini sukses menarik perhatian banyak penonton.

 

7. Beauty and The Beast
Film "Beauty and The Beast" yang dibintangi oleh Emma Watson ini ternyata diadaptasi dari dongeng klasik bertajuk "La Belle et la Bete" karya Gabrielle-Suzanne Barbot de Villeneuve yang dirilis pada tahun 1740. Penulis asal Prancis itu ternyata terinspirasi dari kisah nyata Petrus Gonsalvus dan tunangannya, Catherine.

 

8. Aladdin
Film "Aladdin" ternyata diadaptasi dari cerita rakyat Timur Tengah yang tertuang dalam buku "One Thousand and One Nights" dengan pengarang dan tahun penerbitannya yang tidak diketahui secara pasti. Buku tersebut juga sebenarnya memiliki judul asli "Aladdin and The Magic Lamp" dan cerita ini pertama kali dikenal dalam bahasa Inggris pada tahun 1703.

 

9. Peter Rabbit
Film adaptasi dongeng terkenal selanjutnya adalah "Peter Rabbit" yang memiliki judul asli "The Tale Of Peter Rabbit", karya Beatrix Potter dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1902. Kisah klasik si kelinci tersebut juga ternyata memiliki sekuel yang berjudul "Peter Rabbit 2 : The Runaway" yang sudah dirilis pada 7 Agustus 2020 lalu.

 

10. Mulan (2020)
Yang terakhir, ada film live action produksi Disney yang pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar yaitu "Mulan". Meskipun waktu perilisannya ditunda akibat pandemi Covid-19, namun euforia film ini masih cukup besar. Film "Mulan" sendiri diangkat dari dongeng klasik Tiongkok tentang pahlawan perempuan bernama Hua Mulan yang tercatat dalam manuskrip kuno dinasti Qing dan Ming.* (Annika Ammeria AS)

 


Berita Terkait