Pengembangan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kota Tasikmalaya Libatkan Unigal

Minggu, 29 November 2020 20:59 Dede Hadiyana Pilkada

Pengembangan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kota Tasikmalaya Libatkan Unigal


Koropak.co.id - Dalam rangka menguatkan pengembangan pengawasan pemilu partisipatif, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh Ciamis, menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya dengan menandatangani Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) serta perjanjian kerjasama Memorandum of Agreement (MoA) yang berlangsung di FISIP Universitas Galuh Ciamis, Sabtu (27/11/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Dekan FISIP Universitas Galuh Aan mengatakan, penandatanganan Mou dan MoA tersebut merupakan kerjasama terkait penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif.

"Disamping mendukung penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, tujuan lain dari kerjasama ini adalah untuk menguatkan pengembangan pengawasan pemilu partisipatif, memfasilitasi pengembangan penelitian demokrasi, kepemiluan dan pengawasan," ujarnya.

 

Pengembangan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kota Tasikmalaya Libatkan Unigal (2)

 

Baca : Hasil Rapid Test, Puluhan Pengawas Adhoc Bawaslu Reaktif Covid-19

 

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya Ijang menuturkan, pihaknya menyambut baik kerjasama tersebut guna meningkatkan partisipasi pengawasan di masyarakat.

"Diharapkan kedepan, kerjasama ini dapat bersinergi dengan program-program Bawaslu yang diantaranya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKKP) dengan melibatkan para mahasiswa dalam program SKKP ini," kata Ijang.

Ijang menambahkan, pihaknya membutuhkan masukan atas kerja-kerja pengawas termasuk implementasi Undang-undang dan regulasi turunannya yang mengatur kepemiluan, khususnya dari sudut pandang akademisi.*

 

Baca : Banyak Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye Menanti Persidangan Bawaslu