DKPP Kabupaten Tasikmalaya Swab Massal ASN di Lingkungan Pemkab Tasikmalaya

Kamis, 03 Desember 2020 12:43 Eris Kuswara Daerah

DKPP Kabupaten Tasikmalaya Swab Massal ASN di Lingkungan Pemkab Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya mengadakan Swab Test Polymerase Chain Reaction (PCR) massal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), dilaksanakan di Basement Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (3/12/2020).

Pemeriksaan swab massal tersebut, dilakukan menyusul empat ASN di Lingkungan Pemkab Tasikmalaya, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarka hasil swab PCR sepekan sebelumnya.

Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 DKPP Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi mengatakan, swab test yang dilakukan kepada para ASN ini sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya di lingkungan pemerintahan.

"Untuk yang mengikuti swab tes hari ini yaitu mulai dari kepala bagian, kepala sub bagian, kasi, pegawai, staf dan lainnya. Sementara, untuk uji swab-nya akan dikirim ke RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki alat PCR untuk mengetahui hasil positif atau tidaknya. Ya hasil PCR ini diperkirakan akan keluar antara dua sampai tiga hari ke depan," kata Atang.

Nantinya terang dia, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya juga akan menyampaikan hasilnya secara resmi. "Saya tegaskan kembali, bahwa swab test ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, melalui upaya pencegahan, pemeriksaan dan treatment atau penanganan," ucapnya.

 

DKPP Kabupaten Tasikmalaya Swab Massal ASN di Lingkungan Pemkab Tasikmalaya (2)

 

Baca : Kerawanan Pilkada di Tengah Pandemi Covid Jadi Sorotan

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen membenarkan, saat ini ada empat ASN di beberapa dinas di Kabupaten Tasikmalaya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sekarang mereka sedang menjalani isolasi mandiri di Wisma Haji.

“Kami tidak bosan-bosan memberi pemahaman kepada semua pihak, bahwa Covid-19 ini bukan aib, maka harus menjadi pemahaman juga bagi masyarakat mengenai bagaimana meningkatkan terus kewaspadaan,” katanya.

Kepala DKPP Kabupaten Tasikmalaya, dr Heru Suharto mengatakan, sasaran pemeriksaan swab PCR massal ini diutamakan untuk para ASN yang belum pernah melakukan tes swab serta ASN yang sudah pernah swab test namun terindikasi melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Kami dari DKPP terus menggalakkan gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak," ujar Heru.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Heri Suherman, SH., MH, mengaku tidak takut untuk melakukan swab test. Malah dirinya juga mengaku sudah beberapa kali melakukan rapid test dan swab test, karena dia menilai itu sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah saya sudah beberapa kali di rapid test dan satu kali swab tes dan hasilnya negatif. Semoga saja pada swab massal yang dilakukan di lingkungan setda ini hasilnya juga negatif,” ucap Heri.*

 

Baca : Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa di Tengah Pandemi

 


Berita Terkait