DPRD Bakal Rampungkan Empat Raperda di Akhir Tahun Anggaran 2020

Senin, 07 Desember 2020 21:26 D. Farhan Kamil Parlemen

DPRD Bakal Rampungkan Empat Raperda di Akhir Tahun Anggaran 2020

 

Koropak.co.id - Mengakhiri tahun anggaran 2020, DPRD Kabupaten Tasikmalaya berupaya mengakselerasi penyelesaian empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang masuk dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun 2020.

Keempat Raperda tersebut, dua merupakan ajuan eksekutif yakni tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK). Dua Raperda lainnya adalah tentang Keolahragaan dan Kepemudaan sebagai usul inisiatif dewan.

"Hingga saat ini, DPRD melalui Pansus-Pansus (panitia khusus) DPRD masih melakukan serangkaian pembahasan keempat Raperda pada tahap finalisasi. Mudah-mudahan sebelum tanggal 20 Desember ini, semua sudah selesai dan ditetapkan di paripurna," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H Ami Fahmi, Senin (07/12/2020).

Menurut politisi PKB ini, keempat Raperda tersebut harus tuntas pada tahun 2020 sehingga efektif pelaksanaannya di tahun 2021 nanti.

"Yang sudah masuk Propemperda tahun 2020 ini ada delapan Raperda di luar Raperda rutin seperti APBD/perubahan dan LPP APBD. Karena menyesuaikan dengan ketersediaan anggarannya, maka hanya empat Raperda tersisa yang harus tuntas tahun ini," tuturnya.

Disinggung soal APBD 2021, Ami menyebutkan, DPRD masih menunggu hasil evaluasi Gubernur. "Sebelumnya kan RAPBD 2021 sudah disetujui oleh eksekutif dan legislatif. Hari ini kita masih menunggu evaluasi Gubernur. Nanti akan kita undang-undangkan setelah hasil evaluasinya ada dan kita bahas di Banggar," ujarnya.

 

Baca : Koordinasi Internal Eksekutif Tentang Perubahan SOTK Masih Mentah

 

DPRD Bakal Rampungkan Empat Raperda di Akhir Tahun Anggaran 2020

 

Baca : Mendagri Surati Pemkab Tasikmalaya Terkait Perubahan SOTK

 

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Nuryakin mengatakan, keempat Raperda yang masuk dalam Propemperda 2020, secara keseluruhan sudah hampir final. Sehingga di akhir tahun ini dipastikan selesai menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Hanya saja terang dia, untuk Raperda SOTK terkait perubahan kantor menjadi badan, ada kemungkinan tidak bisa ditetapkan tahun ini dan akan dilanjutkan pembahasannya oleh Pansus di tahun berlikutnya. Tetapi itu tergantung dari kerja Pansus serta keputusan terakhir nanti di rapat paripurna DPRD.

"Itu usulan eksekutif disesuaikan dengan peraturan pemerintah (PP) terbaru. Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan salah satu daerah dari sejumlah kecil Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)-nya masih berbentuk kantor," ujar politisi Partai Demokrat ini.*

 

Baca : DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tetapkan 12 Propemperda Di Tahun 2021

 


Berita Terkait